PLN Siapkan Diskon untuk Pengecasan Kendaraan Listrik

0
PLN diskon pengecasan kendaraan listrik

ROCKOMOTIF, Jakarta – Langkah pemerintah yang terus menggalakkan kendaraan listrik di Indonesia, mendapat sambutan baik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Bukan hanya menyediakan listrik untuk sumber utamanya, tetapi PLN juga memberikan keuntungan dengan pemberian diskon dalam pengecasan kendaraan listrik.

Dikatakan oleh I Made Supratika, EVP Corporate Communication and CSR PT PLN, pihaknya telah menyiapkan beberapa hal terkait persiapan Indonesia menuju era mobil listrik. Bukan hanya itu, PLN juga akan memberikan diskon 50 persen untuk pengecasan kendaraan listrik pada malam hari.

“Tarif untuk per kWh sama untuk siang hari, sedangkan untuk pengecasan di rumah di atas jam 12 malam, akan dapat insentif diskon 50 persen per kWh. Harganya itu 1.352 per kWh untuk semua kendaraan. Jadi kalau dia ngecasnya di atas jam 12, diskonnya sama, 50 persen,” tutur I Made di Jakarta.

Demi menunjang kesiapan menyambut era mobil listrik, sebagai daya utamanya, PLN juga tengah membangun infrastruktur berupa sumber daya listrik yang lebih besar lagi. Menurut I Made Supratika, nantinya Indonesia akan menambah sebesar 100.000 Mega Watt untuk menunjang mobilitas kendaraan listrik tersebut.

Baca juga: PLN Sudah Siapkan Infrastruktur untuk Kendaraan Listrik

“Dan kita saat ini, PLN sudah membangun 100.000 MW untuk menunjang listrik kendaraan. Dan ini sangat cukup untuk menunjang listrik kendaraan, dan ini penting bagi kita semua dan akan disebar di seluruh wilayah. Ini merupakan kebijakan pemerintah melalui kementerian ESDM dan PLN. Untuk bersama-sama mensosialisasikan kendaraan listrik ini dan mengedukasi masyarakat untuk mengajak untuk melindungi udara di Indonesia,” tambahnya.

Saat ini, sudah ad tiga stasiun pengecasan yang tersedia untuk bisa digunakan. Ketiga stasiun tersebut terletak di beberapa tempat yang tersebar di BSD dan Jakarta. Tidak sampai di situ, PLN juga terus menambah titik-titik pengecasan untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih optimal untuk konsumen mobil listrik nantinya.

“Apalagi nanti pemerintah sudah memberikan insentif terhadap pengguna-pengguna/pemilik-pemilik kendaraan listrik. Stasiun pengecasan saat ini satu di BSD, Kantor Pusat PLN dan ada di DISJAYA, yang ada di Jalan Merdeka Timur dan itu yang sudah kita bangun tapi terus dalam tahap pembangunan. Artinya, PLN komit terhadap program pemerintah di dalam pengembangan elektrik vehicle ke depannya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY