Indonesia Dapat Suntikan Investasi Rp 40 Triliun dari Sektor Otomotif

0
toyota giias 2018
Presiden Jokowi berkunjung ke booth Toyota di GIIAS 2018

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sebagai komitmennya untuk mengembangkan produk di Tanah Air, Toyota Group telah menanjikan akan membawa investasi mereka yang akan ditanam di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, selain Toyota Group juga ada produsen otomotif lainya yang juga menyatakan positif untuk berinvestasi di Tanah Air.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan persnya mengatakan Toyota Group telah menjanjikan memberikan investasi sebesar Rp 28,3 triliun. Jumlah tersebut akan dipergunakan untuk tiga brand sekaligus, yakni Toyota, Daihatsu dan Hino.

“Kami mendapat laporan tentang rencana ekspansi dari Toyota Group sebesar Rp 28,5 triliun. Ini termasuk pengembangan Toyota, Daihatsu, dan Hino,” jelas Agus Gumiwang, di Jakarta.

Baca juga: Pabrikan Cina Tidak Mau Kalah Bersaing di Mobil Listrik

Bukan hanya Toyota Group, seperti yang telah dijelaskan bahwa produsen lain juga telah memiliki tekad untuk bisa berinvestasi di Indonesia. Honda, dikabarkan siap menggelontorkan dananya sebesar Rp 5,1 triliun untuk pendalaman industri dan beberapa hal lainnya.

“Investasi tersebut untuk model baru dan pendalaman industri, lokalisasi dan sebagainya. Karena memang salah satu nilai positif dari Honda adalah menempatkan pusat penelitian dan pengembangannya di Indonesia,” tambahnya.

Pada kegiatan one on one meeting di Tokyo, Menperin Agus telah bertemu sejumlah industri otomotif asal Negeri Sakura, antara lain dengan direksi Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Toyota Group, Daihatsu Motor Corporation, Hino Motor, Suzuki Motor Corporation, Isuzu Japan, dan Honda Motor.

LEAVE A REPLY