16 Tahun, MPV Ini Jadi Mobil Paling Laku di Indonesia

0
Mobil paling laku

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mobil jenis MPV (multi purpose vehicle) mulai populer di Indonesia sejak lahirnya Toyota Kijang. Sejak saat itu popularitas MPV di Tanah Air semakin tumbuh manakala PT Toyota Astra Motor (TAM) pun menghadirkan MPV murahnya, Toyota Avanza.

Alasan hadirnya Toyota Avanza di Indonesia memang ingin menghadirkan mobil keluarga yang terjangkau. Tepatnya pada 11 Desember 2003, TAM merilis Avanza sebagai pengganti Kijang yang harganya mulai terkerek naik sejak krisis moneter di tahun 1998.

Sebelum Avanza lahir, pasar MPV di Indonesia hanya mencatat penjualan sekitar 5.000 unit per tahun. Setahun berselang penjualan mobil low MPV ini pun meningkat hampir di angka 80 ribu unit.

Bahkan pasar mobil keluarga ini pernah mencapai titik tertinggi di 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit. Hingga sekarang, popularitas Avanza pun tidak tergoyahkan dengan terjual lebih dari 1,8 juta unit di seluruh Indonesia.

Baca juga: Toyota Anggap Mitsubishi Xpander Belum Sesukses Avanza

Tak heran, publik pun menjulukinya dengan julukan mobil sejuta umat. Begitu juga candaan yang melekat seperti saat di jalan tol yang Anda pasti tak akan bisa menyalip Avanza, karena pasti selalu ada Avanza lain di depan Anda.

Avanza mobil paling laku

Sebegitu melekatnya Toyota Avanza di masyarakat Indonesia, sampai hadirnya kompetitor pun seakan tak berpengaruh pada penjualannya. Bahkan, di tahun ini angka penjualan Avanza tumbuh sebesar 6,9% dibandingkan tahun lalu.

Di tengah penurunan permintaan pasar sebesar 11,1% pada segmen Low MPV. Ini membuktikan Avanza tidak hanya tetap menjadi pilihan karena mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

“Kami bersyukur hingga di usianya ke-16 tahun ini, Avanza senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Terima kasih banyak kami ucapkan kepada lebih dari 1,8 juta konsumen Avanza. Dengab memberikan kepercayaan kepada Avanza untuk menjadi MPV terlaris di Indonesia,” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Baca juga: MPV Ini Bisa Capai 33 Km per Liter, Apa Rahasianya

Spesifikasi dan performa dasar Avanza seperti ground clearance yang ideal, mesin yang irit dan bertenaga, serta penggunaan sistem penggerak roda belakang (RWD). Semua ini menjadi DNA Avanza yang berperan penting dalam mengakomodir beragam kondisi infrastruktur jalanan yang terbentang dari Sabang sampai Marauke.

Seiring waktu, Toyota terus melakukan peningkatan pada performa, kenyamanan, fitur safety dan tampilan Avanza untuk mengikuti dinamika perubahan ekspektasi dan kebutuhan. Hingga terlahirlah generasi ke-2 Avanza pada tahun 2011 dan Grand New Avanza-Veloz pada tahun 2015.

Tak berhenti di situ, Toyota kembali melakukan peningkatan yang signifikan pada Avanza-Veloz di awal tahun 2019 ini. Tampilan New Avanza menjadi lebih modern dan tampilan New Veloz menjadi lebih stylish. Selain itu, Toyota juga meningkatkan level kenyamanan pada New Avanza dan New Veloz dengan menambahkan peredam suara di beberapa bagian mobil sehingga tingkat kebisingan yang masuk ke dalam kabin mobil dapat berkurang secara signifikan.

“Berbagai masukan yang diberikan oleh pelanggan setia Avanza, memberikan dorongan bagi kami untuk senantiasa meningkatkan performa Avanza baik dari sisi durability, kenyamanan, dan keamanan. Terima kasih atas kepercayaan sehingga menjadikan Avanza sebagai MPV paling laris saat ini,” kata Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Bagaimana untuk tahun depan, perlukah Toyota menghadirkan Avanza baru?

LEAVE A REPLY