Polisi Perketat Pengamanan di Merak dan Bakauheni Jelang Nataru

0
pengamanan nataru

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pihak Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) sudah memastikan pengamanan jelang liburan Natal dan Tahun Baru (nataru) 2019. Melalui Korps Lalu Lintas (Korlantas) pihaknya akan bersinergi dengan aparat TNI untuk mengamankan jalur mudik.

Upaya terdekatnya, Polri tengah mempersiapkan pengamanan untuk dua pelabuhan terdekat yakni di Pelabuhan Merak, Banten, dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Kedua pelabuhan tersebut menjadi pintu masuk dan keluar bagi mereka yang ingin menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Korlantas Polri, Irjen Istiono, beberapa waktu lalu. Menurutnya, keberadaan pasukan keamanan tersebut sebagai upaya dari kepolisian untuk memberikan keamanan kepada pemudik.

Baca juga: Akhir Oktober 2019, Polisi Bakal Terapkan Sistem 2-1 di Jalur Puncak

“Pengamanan di Pelabuhan Merak maupun Bakauheni akan diperketat dengan melibatkan Brimob dan di-backup dengan TNI. Apabila sewaktu-waktu ada ancaman, Brimob on call dan sudah bisa bergerak secepatnya. TNI juga demikian, siap on call sewaktu-waktu diperlukan,” jelas Istiono.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polri dan TNI akan menyiapkan sebanyak 160 ribu personel yang akan berjaga di dua pelabuhan tersebut. “Untuk yang di Pelabuhan Merak ini nanti detailnya kami infokan lagi berapa maksimal yang akan berjaga-jaga,” pungkasnya.

Dari ketarangan Irjen Istiono, mereka memprediksikan arus mudik Nataru tahun ini berada pada 21 sampai 22 Desember. Sedangkan puncak arus balik, diperkirakan terjadi pada 2 sampai 5 Januari 2020.

LEAVE A REPLY