Fitur Perintah Suara Berbahasa Indonesia di Mobil Seharga Kurang dari Rp300 Juta

0
fitur perintah suara

ROCKOMOTIF, Jakarta – Saat ini orang Indonesia ketika membeli mobil baru tidak hanya memperhatikan soal kenyamanan dan juga desain yang modern. Tapi juga fitur-fitur canggih yang harus ada pada mobil tersebut. Fitur yang dimaksud di sini juga bukan hanya fitur keselamatan dan juga fitur hiburan semata, tapi lebih kepada fitur yang dapat memudahkan pemilik mobil untuk berkendara sehari-hari.

Perkembangan teknologi tentunya juga mempengaruhi fitur-fitur baru di mobil modern sekarang ini. Seperti fitur perintah suara atau voice command yang biasanya diterapkan di mobil-mobil premium. Ya, fitur ini bisa membuat Anda memberi perintah kepada mobil untuk melakukan sesuatu.

Biasanya fitur perintah suara ini hanya terkoneksi dengan smartphone saja, jadi hanya bisa melakukan panggilan telepon atau menjawab ketika ada telepon masuk. Tapi semuanya berubah sejak pabrikan China seperti Wuling menghadirkan fitur voice command ini di mobil mereka. Di saat pabrikan Jepang masih “pelit” fitur, tapi Wuling dan DFSK tidak.

wind wuling almaz
Almaz kini semakin lengkap berkat hadirnya fitur Wuling Indonesian Command (WIND) yang merupakan teknologi voice command pertama berbahasa Indonesia

Memang fitur voice command ini bukan sesuatu yang benar-benar baru di mobil, terutama di mobil mahal. Tapi ketika fitur ini disediakan untuk mobil dengan harga terjangkau di bawah Rp 300 juta, maka tentunya hal ini jadi menaikkan gengsi sang pemilik kendaraan. Wuling lebih dulu menghadirkan WIND (Wuling Indonesian Command) yang dipasang di SUV mereka, Almaz.

Baca juga: Berkat Fitur WIND dan 7-Seater, Wuling Almaz Sibuk Terima Pesanan

Memang Wuling selalu menjadi pelopor dengan menghadirkan banyak fitur canggih di mobil yang harganya sangat terjangkau. Sebagai pemain baru di industri otomotif dan harus bersaing dengan pabrikan Jepang, tentunya strategi mereka ini patut diapresiasi.

Masyarakat Indonesia jadi memiliki pilihan yang lebih banyak untuk mobil baru, dan juga fitur-fitur modern di mobil tapi dengan harga terjangkau. Bicara soal fitur voice command di Wuling Almaz ini tentunya fitur ini tidak hanya berguna untuk menerima dan juga melakukan panggilan telepon saja.

Uniknya, fitur yang dinamakan WIND (Wuling Indonesia Command) ini juga bisa mengatur perangkat di mobil selain multimedia. Ini memudahkan pengguna kendaraan dalam mengakses fitur, sekaligus meningkatkan kesenangan berkendara.

kamera 360 wuling almaz

Fitur WIND yang disematkan ke seluruh varian Almaz ini juga bisa memahami perintah suara dalam Bahasa Indonesia. Ini pendekatan yang sangat baik untuk konsumen yang membeli mobil di rentang harga di bawah Rp 300 juta. Karena tidak banyak orang Indonesia yang fasih berbahasa Inggris. Bahkan fitur ini diklaim mengerti logat daerah, seperti Jawa.

Baca juga: Cara Baru Mencoba Fitur Canggih Mobil Wuling

Lantas apa canggihnya fitur WIND ini, apa hanya bisa bahasa Indonesia saja? Tentunya fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, hingga menjalankan aplikasi misalnya Wuling Link, serta memperbesar atau mengecilkan volume.

WIND wuling almaz

Voice command interaktif ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan. Seperti pendingin udara (AC) dengan hanya menggunakan kata-kata sederhana, seperti “saya kepanasan”. Maka otomatis AC akan menyala. Kemudian buka tutup jendela, dan pengaturan pendingin udara, Anda tak perlu lagi menekan tombol yang ada untuk mengoperasikannya. Cukup bilang “buka jendela” maka jendela akan terbuka. Bahkan fitur WIND ini juga bisa menanyakan tanggal dan waktu saat ini dan juga hari esok.

Soal kualitas tidak perlu khawatir, karena Wuling Almaz yang diproduksi di Indonesia ini pun sudah diekspor ke negara tetangga di Asean dan Oceania. Jadi terbukti jika kualitas yang disodorkan Wuling sudah diakui oleh negara lain.

LEAVE A REPLY