Coating Interior Mobil Bisa Bikin Kabin Anti Banjir?

0
coating interior mobil

ROCKOMOTIF, Jakarta – Banjir yang menyapa warga Ibukota di awal tahun 2020 menyisakan duka yang mendalam. Tidak hanya rumah yang terendam tapi juga mobil yang kesapu arus banjir sehingga menyebabkan kerugian materi yang tidak sedikit.

Agar kerugian terhadap pemulihan mobil kesayangan bisa diminimalisir, tidak ada salahnya menggunakan coating interior mobil. Ya, tidak hanya bagian luar mobil saja yang bisa dicoating tapi juga bagian kabin.

Tapi apakah dengan coating interior mobil ini bisa membuat kabin mobil menjadi anti banjir? Menurut Andi Setiawan, Presiden Direktur PT Global Auto International sebagai distributor System X Ceramic Protection mengatakan, coating ini bukanlah berarti mobil jadi anti banjir. Tapi paling tidak bisa meminimalisir kerugian ketika melakukan servis setelah mobil terendam banjir sampai ke bagian interior.

kabin mobil terendam banjir

“Bukan anti banjir tetapi karena efek daun talas itu, air yang masuk ke kabin sedikitnya bisa direduksi. Air tidak akan menempel jika sudah di-coating, seperti di daun talas. Jadi tidak diserap terlalu banyak oleh jok mobil,” tutur Andi di Cakung, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (7/1).

Baca juga: Setelah Coating Mobil, Begini Perawatannya Saat Musim Hujan

Andi menegaskan jika coating interior ini bukan berarti mobil anti banjir, kalau banjir sudah pasti kabin mobil tetap terendam air. Hanya saja, keuntungannya jika sudah di-coating saat terendam air tidak menyerap ke bahan jok atau yang ada di kabin.

System X Ceramic Protection merupakan penyedia jasa coating interior mobil ini. Di mana menurut penjelasan Andi coating interior ini bisa meliputi seluruh bagian kabin.

“Coating interior itu dilakukan seluruh bagian kabin, dan bisa untuk jok berbahan fabric ataupun non-fabric. Selain itu, pembersihannya juga mudah karena air tidak menyerap ke bahan jok atau yang ada di kabin. Daya tahannya bisa sampai tahunan, asalkan setiap enam bulan sekali dilakukan perawatan,” jelasnya.

Apabila tertarik, System X Ceramic Protection sendiri lanjut Andi, menyediakan paket yang dimulai Rp 8 jutaan hingga Rp 22 juta, targantung jenis dan ukuran mobil.

“Paket itu bukan hanya interior tetapi sudah mencakup eksterior, interior, sampai mesin. Proses pengerjaannya kurang lebih tiga sampai empat hari,” ungkap Andi.

LEAVE A REPLY