Mesin Motor Juga Bisa Mengalami Overheat, Ini Tandanya

0
motor overheat
Suzuki Carry giicomvec

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mesin kendaraan mengalami overheat atau suhu panas, tidak hanya terjadi pada mobil. Sepeda motor pun demikian, bahkan apabila terjadi harus turun mesin dan biaya perbaikannya pun memakan uang cukup banyak.

Sebab, banyak komponen yang harus diperbaiki. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya para pemilik motor mengetahui gejala atau tanda mesin motor mengalami overheat.

Gejala atau tanda yang paling gampang dideteksi, menurut Wahyudin, Kepala Bengkel AHASS DAM, yaitu melihat lampu indikator suhu, dengan gambar thermometer menyala. Biasanya, nyala lampu diatur berwarna merah oleh pabrikan.

“Kalau sudah seperti itu harus segera dicek, sudah pasti ada masalah pada bagian mesin karena suhunya menjadi panas,” tutur Wahyudin belum lama ini di Jakarta.

Baca juga: Shop and Drive Buka Tiga Outlet Baru Khusus Motor

Tanda lain, menurut Wahyudin bisa juga dideteksi apabila mesin sudah dimatikan maka terdengar seperti ada air yang mendidih di bagian radiator maka dipastikan mengalami masalah pada bagian suhu mesin.

“Terkadang juga performanya menjadi menurun, motor jadi lebih lambat dan tarikan atau performanya menjadi berat ketika digas. Itu bisa menjadi faktor bahwa motor itu mengalami masalah pada sektor pendinginan,” ungkap Wahyudin.

Wahyudin menyarankan, apabila menemukan atau mengalami gejala seperti itu maka sebaiknya langsung dibawa ke bengkel untuk segera dilakukan pengecekan.

“Kalau ditemukan ada masalah maka segera diperbaiki agar performa motor itu sendiri menjadi maksimal lagi,” tutup dia.

LEAVE A REPLY