Ini Kenapa Oli Mesin Harus Diganti Sesuai Pemakaian 

0
Penggantian Oli mesin

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pemilik mobil baru biasanya cenderung mengabaikan perawatan kendaraannya. Padahal jika mobil digunakan sehari-hari dengan tingkat kemacetan yang terjadi di perkotaan itu seharusnya melakukan perawatan rutin minimal melakukan penggantian oli mesin.

Namun kesibukan para pemilik mobil terkadang melalaikan penggantian oli mesin bahkan termasuk transmisi. Selain itu minimnya pemahaman umur pakai oli juga menjadi pemicu mesin mengalami kelelahan.

Oli menjadi hal utama mesin tetap menghadirkan performa yang signifikan diandalkan oleh pemilik mobil. Bahkan terkadang pemilik mobil mengabaikan kualitas oli yang tidak sesuai spesifikasi kendaraan. Alias memilih harga yang murah tidak sesuai spesifikasi mesin.

Baca juga:Mobil yang Terendam Banjir, Wajib Dikuras Bagian Oli Mesinnya

“Kelelahan mesin akibat mengesampingkan kualitas oli bisa terjadi dengan cepat. Ini akibat gesekan antar metal di ruang mesin tidak terlumasi dengan baik. Utamanya ruang pembakaran, kualitas oli yang buruk mempercepat usia ring piston dan dinding silinder. Sering ditemui mobil masih terhitung di bawah tiga tahun sudah mengalami ngebul dari knalpot,” ujar Rahadian Wishwa Dewa, Service Manager PT Sejahtera Buana Trada Pulogadung

“Struktur mesin juga berubah akibat fungsi oli sebagai pendinginan tidak maksimal. Berakibat oli merembes dari ruang silinder hingga crankcase. Mudah ditebak, oli berceceran di lantai ketika terparkir.”

“Sebisa mungkin bila mobil dipakai harian diperiksa kuantitas oli di ruang mesin melalui dipstick, sekaligus memeriksa tingkat kelicinan oli apakah terdeteksi adanya gram halus yang tercampur di mesin. Maka lebih baik menggunakan produk yang memiliki standar kualitas API tertinggi yaitu SN seperti produk oli Suzuki Ecstar di luar negeri yang dapat membantu menjaga mesin lebih lama,” ujar Dewa

Mengikuti buku manual petunjuk perawatan berkala yang ditetapkan oleh manufaktur adalah kewajiban pemilik mobil. Selain itu Oli dengan kekentalan yang sesuai spesifikasi kendaraan adalah sangat penting agar kendaraan bisa berumur panjang dan punya nilai jual lebih baik.

LEAVE A REPLY