Mobil Baru Masih Butuh Anti Karat Tambahan?

0
Anti karat mobil baru

ROCKOMOTIF, Jakarta – Anti karat adalah lapisan yang dapat melindungi bagian mobil dari timbulnya korosi. Biasanya di mobil-mobil baru, pabrikan sudah secara otomatis melapisi produknya dengan lapisan anti karat ini. 

Namun banyak juga pemilik mobil yang memilih untuk menambah lapisan anti karat di mobil baru. Sebenarnya hal ini penting atau tidak? Seperti yang dilansir oleh situs resmi Hyundai, untuk mobil baru adanya tambahan lapisan anti karat ini malah menjadi sia-sia dan tidak akan maksimal. Pasalnya anti karat bawaan pabrik pun sudah terbukti dapat merawat mobil dari karat selama bertahun-tahun. 

Selain itu, lapisan bawaan pabrik ini melalui proses yang cukup detail. Di mana bagian bodi dan rangka kendaraan yang baru dirakit menggunakan proses pencelupan anti karat agar menjangkau ke seluruh bagian tersulit.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil yang Bekas Kena Banjir Harganya Lebih Murah

Adanya lapisan tambahan malah dikhawatirkan merusak komponen yang ada pada mobil. Kondisi ini jelas berbeda dibandingkan saat proses manufaktur, di mana mobil masih dalam bentuk gelondongan bodi dan kerangka.

Karat sendiri memang menjadi salah satu musuh yang patut dihindari para pemilik kendaraan. Pasalnya mayoritas bagian bodi mobil itu terbuat dari besi dan logam. Jika sudah ada karat dan dibiarkan terlalu lama, maka akan menggerus atau membuat material logam menjadi korosi. Hasilnya bodi mobil akan terlihat memiliki lubang yang terbuka dan bisa bertambah besar seiring dengan waktu.

Berbeda jika kondisinya mobil sudah cukup berumur dan perawatan terhadap eksterior mobil tidak bagus, maka karat bisa timbul tanpa terduga. Sebab, karat bisa datang dari sudut-sudut yang tak terkira, seperti kolong mobil, sepatbor, atau sela pintu.

Baca juga: Jangan Ketipu, Ini Tips Mengenali Mobil Bekas Banjir

Apalagi jika lokasi Anda berada di wilayah yang tingkat kandungan asamnya tinggi seperti di daerah pesisir pantai, biasanya memiliki udara yang cukup lembab dan rentan terkena air laut sehingga jika tidak dilakukan perawatan maka karat dapat dengan cepat muncul. 

Jika kondisinya seperti ini barulah dibutuhkan lapisan anti karat tambahan. Tapi jangan tunggu sampai bodi mobil sudah muncul karat ya. Kalau sudah berkarat perbaikannya akan susah jika diperbaiki di satu sisi, maka biasanya akan merembet di sisi lain. 

LEAVE A REPLY