Mesin Baru Royal Enfield, Dua Silinder 650 cc

0

ROCKOMOTIF, Leicestershire – Royal Enfield menampilkan mesin modern dua silinder pertamanya di Pusat Teknologi teranyarnya di Leicestershire, Inggris. Mesin berkapasitas 650cc dua silinder paralel berpendingin udara ini akan menjadi daya untuk generasi terbaru dari motor-motor Royal Enfield.

Gagasan inti dibalik terciptanya mesin dua silinder 650cc ini adalah untuk mengembangkan platform mesin global yang dapat membawa sejarah dan karakter asli Royal Enfield ke dalam konteks yang lebih modern.

Mesin telah dirancang secara khusus agar dapat memberikan keseimbangan antara daya, torsi dan fungsi sehingga dapat menawarkan pengalaman berkendara yang halus dan tidak ‘mengintimidasi’. Karakter tersebut menawarkan torsi luas, sehingga motor menjadi mudah dikendarai tanpa harus sering melakukan perpindahan gigi.

Platform mesin berkapasitas 648cc dua silinder paralel 4 langkah (4 stroke), single overhead cam (SOHC), dan berpendingin udara ini dikembangkan oleh tim Pusat Teknologi Royal Enfield di Inggris dan Chennai, India.

Baca Juga: Mau Lihat Motor Ikonik Dengan Mesin “W”?

Dirancang khusus untuk dapat berakselerasi dan memberikan daya serta torsi lebih tinggi pada RPM yang lebih rendah, mesin baru ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan daya maksimum sebesar 47 hp dan torsi hingga 52 Nm. Hal ini akan membuat berkendara menjadi lebih halus dan bebas.

Pendingin Udara

Mesin ini mempertahankan mesin berpendingin udara legendaris dari Royal Enfield. Yang memberi tampilan sederhana, lebih bersih, dan lebih elegan dengan komponen dan berat yang lebih sedikit.

Hal ini memastikan mesin tetap sederhana. Menggunakan aliran udara ambien yang dikombinasikan dengan oli mesin agar suhu mesin tetap terjaga optimal. Sehingga radiator, fan, selang, dan komponen lainnya tidak terlalu dimaksimalkan lagi. Hal ini membuat mesin tetap bersih, seperti pengalaman berkendara yang diberikannya.

Suara yang dihasilkan oleh mesin ini sama relevannya dengan individualitas mesin. Karakter ‘getaran’ khas dari Royal Enfield satu silinder sangat disukai oleh banyak penggemar. Dan sebisa mungkin dibuat agar mesin 650cc dua silinder ini dapat memberikan soundtrack yang sama menariknya. Upaya maksimal dilakukan untuk mengutak-atik setiap variabel yang berkontribusi pada suara mesin, menghasilkan peredam suara ganda dengan nada yang tepat.

Seluruh platform, termasuk mesin dan sasis telah mengalami pengujian yang ketat selama program pengembangan. Semua telah menjadi sasaran uji trek balap (proving grounds), jalanan umum dan bahkan di laboratorium.

LEAVE A REPLY