Beda Fungsi Tabung Atas dan Bawah Shockbreaker Scarlet Racing

0
Shockbreaker tabung scarlet racing

ROCKOMOTIF, Jakarta – Shockbreaker yang saat ini beredar di pasaran, memiliki dua jenis yakni non tabung dan shockbreaker tabung. Untuk shockbreaker yang menggunakan tabung, juga terbagi lagi menjadi dua, atas dan bawah. Lalu apa bedanya?

Suwandi, Owner Scarlet Racing, menjelaskan perihal perbedaan fungsi yang ada pada shockbreaker tabung bawah dan tabung atas. Dalam penjelasannya, perbedaan tersebut dibedakan dari setting kompresi dan rebound dari shockbreaker itu sendiri.

“Kalau tabung atas, kita pakai untuk mengatur rebound. Sedangkan tabung bawah, untuk mengatur settingan kompresi,” ujar Suwandi, ketika ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Alasan Shockbreaker Scarlet Racing Didominasi Warna Cerah

Lebih detail lagi, Suwandi, juga memberikan gambaran mengenai karakter yang tepat untuk pengaplikasian tabung atas atau tabung bawah. Menurutnya, shockbreaker tabung bawah lebih ditujukan untuk penggunaan harian.

“Yang harus diketahui adalah karakrer medan, kalau tabung bawah penggunaannya lebih kepada pengedara harian, kalau tabung atas karena dia bisa mengatur, rebound jadi biasanya lebih enak digunakan untuk touring,” tambahnya.

Settingan kompresi sendiri digunakan untuk mengatur tekanan gas pada dalam tabung. Sementara settingan rebound yang ada di tabung atas, dimaksudkan untuk mengatur cepat atau lambatnya spring shockbreaker tersebut.

LEAVE A REPLY