Sentul Karting Sirkuit Siap Gelar Asia Karting Open Championship 2020

0
Sentul karting sirkuit asia karting open championship

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sirkuit Karting Sentul, akhir pekan ini siap menggelar event karting level asia yang bertajuk Asia Karting Open Championship (AKOC).

Digelar pada 16 Februari 2020 mendatang, Asia Karting Open Championship (AKOC) ini merupakan event yang sudah lama dibidik oleh Komisi Gokart Ikatan Motor Indonesia untuk diselenggarakan di Tanah Air.

Donny Sarwono, sebagai Race Director, mengatakan ajang ini menjadi kelas bebas. Di mana penggunaan mesin untuk gokart tidak diseragamkan alias one make engine, tetapi dibuka untuk semua jenis mesin gokart.

“Ini merupakan acara yang ditunggu-tunggu karena ini adalah kejuaraan open. Berbeda dengan kejurnas, karena kejurnas menggunakan one make engine. Sedangkan ini ada sekitar tiga sampai empat pabrikan mesin. Kalau bisa dibilang, ini adalah kelas bebas tp dengan penggunaan one make tire, yakni Yokohama,” ujar Donny Sarwono, dalam konferensi persnya (10/2).

Baca juga: Toyota Team Indonesia Donasikan Ambulance untuk Sirkuit Sentul

Mengenai waktu balapannya sendiri akan dimulai sejak Sabtu (15/2) dan dimulai dengan sesi pengambilan waktu antar group dan dilanjutkan dengan prefinal.

“Format balapan dua hari, sabtu kualifikasi, dilanjutkan dengan tiga kali balap heat. Jadi nanti akan diadu antar group, yang menang nanti akan menentukan posisi di prefinal dan poin standing,” tambah Donny.

Sementara itu, Haridarma Manoppo, Manager Sirkuit Karting Sentul, menjelaskan event AKOC tersebut memang menjadi misi dari pengelola yang baru untuk menghelat event gokart internasional.

“AKOC sebagai program kita sebagai pengelola baru untuk mendatangkan event internasional. Kita sudah mendatangkan perwakilan dari CIK (Commision Internationale de Karting) untuk memberikan homologasi sirkuit Sentul sebagai penyelenggara event balap internasional,” ujar Haridarma Manoppo.

Beberapa negara yang dipastikan ikut dalam kompetisi tersebut antara lain adalah Hongkong, Macau, Malaysia, Singapore, dan Cina kita masih menunggu konfirmasi. Dipastikan, kurang lebih akan ada 50 pegokart internasional yang akan ambil bagian. Dan jumlah tersebut belum termasuk pegokart dari Indonesia.

Berikut jadwal lengkap AKOC 2020:

14 – 16 Februari 2020 — Round 1 (Sentul International Circuit)
18 – 19 April 2020 — Round 2 (Beijing, China)
6 – 7 Juni 2020 — Round 3 (Kartodromo De Coloane Circuit, Macao China)
19 – 20 September 2020 — Round 4 (Carmona Race Track, Philippines)
5 – 6 Desember 2020 — Round 5 (Kartodromo De Coloane Circuit, Macao China)

LEAVE A REPLY