Awal Tahun Penjualan Mobil Nasional Amblas 2,6%

0
sektor otomotif
Suasana pameran mobil di Indonesia

ROCKOMOTIF, Jakarta – Musibah banjir yang melanda beberapa kota di Indonesia tak hanya memberikan dampak bagi mereka yang terkena banjir. Tapi juga berdampak pada amblasnya penjualan mobil di periode Januari 2020.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari 2020 kemarin total penjualan mobil ke diler (wholesales) hanya 79.983 unit. Angka ini menurun 2,6% jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2019 di mana penjualan wholesales mencapai 82.155 unit.

“Penjualan di awal tahun biasanya memang menurun sekitar 2,6%. Itu biasa ya, seperti siklus. Tetapi, memang bukan berarti semua merek turun ya. Kalau kita lihat ada beberapa brand yang naik, dan ada yang turun,” ujar Jongkie D Sugiarto, Ketua I Gaikindo di Jakarta, Senin (17/2).

Jongkie juga mengungkapkan jika adanya kejadian banjir cukup mempengaruhi penjualan di awal tahun ini. “Apalagi, di awal tahun kan juga ada bencana banjir. Ini juga ikut berpengaruh.”

Baca juga: Dua Bulan, Penjualan Xpander Cross Masih Sesuai Target

Penurunan ini dialami oleh pemimpin pasar mobil di Indonesia, Toyota, di mana penjualannya merosot sekitar 3,7%. Penjualan Toyota pada Januari 2020 tercatat sebanyak 24.119 unit, sementara di periode yang sama tahun lalu tercatat penjualan Toyota mencapai 25.405 unit.

Tercatat Honda yang meraih kenaikan penjualan di Januari 2020 ini sebanyak 3% yang mencapai 12.603 unit. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM tak menampik bencana banjir yang terjadi di awal bulan tersebut mengganggu kegiatan bisnis di sejumlah diler.

“Meski demikian, kontribusi dari area lainnya, terutama di luar pulau Jawa mendukung pencapaian pertumbuhan pada awal tahun ini,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (14/2).

Selain Honda, pabrikan Jepang lain yaitu Daihatsu mengklaim raih penjualan positif sepanjang Januari 2020. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan jika penjualan ritel mereka mencatat kenaikan sebesar 18% sebanyak 14.582 unit. Sementara penjualan wholesales Daihatsu sebanyak 14.173 unit atau 17,7% dari total seluruh merek yang mencapai 79.983 unit.

”Kami bersyukur, Daihatsu mengawali 2020 dengan capaian penjualan cukup baik di tengah penurunan market dan merebaknya virus korona. Daihatsu tetap mencatatkan pencapaian positif yang menunjukkan komitmen Daihatsu untuk terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purnajual bagi seluruh Sahabat Daihatsu,” ujar Marketing Director PT ADM, Amelia Tjandra.

LEAVE A REPLY