Suzuki Carry Laris di Indonesia dan 59 Negara di Dunia

0
ekspor suzuki carry

ROCKOMOTIF, Jakarta – Keberhasilan Suzuki Carry merajai pangsa pasar yang mencapai 57 persen di segmen pick up sekaligus penyumbang angka penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia ternyata juga menjadi dongkrak ekspor Suzuki ke seluruh dunia. New Suzuki Carry Pick Up memang sudah langsung diekspor setelah meluncur perdana di April tahun lalu.

Menurut Donny Saputra, Direktur Marketing 4W PT SIS, ekspor Suzuki Carry ini terbesar ketiga setelah Ertiga dan Wagon R. Sepanjang tahun 2019, Carry baru ini mencatat angka ekspor sebanyak 7.300 unit.

“Kita mulai ekspor Suzuki Carry ini baru di April (tahun lalu) sementara Ertiga dan Wagon R sudah sejak awal tahun (Januari). Hitungannya sudah telat 3 bulan, tapi angkanya cukup besar,” ujar Donny di ajang GIICOMVEC, Kamis (5/3).

ekspor suzuki carry

Untuk tahun 2020 ini, Donny berharap jika ekspor Carry ini bisa mendongkrak kembali angka Suzuki untuk ekspor. Paling tidak kenaikannya bisa mencapai dua kali lipat. Targetnya dalam waktu 12 bulan New Suzuki Carry bisa meningkat angka ekspornya mencapai 12 ribu – 14 ribu unit.

Baca juga: Suzuki Carry Pick Up Versi Luxury Meluncur di GIICOMVEC, Ini Perbedaannya

Secara umum, tahun 2019 lalu SIS mencatatkan angka ekspor sampai 66.433 unit mobil dengan 52 negara tujuan. Ekspor tersebut terdiri atas 26.820 kendaraan terurai lengkap dan 39.613 unit kendaraan utuh. Hal ini membuat mereka menjadi salah satu pabrikan yang menyumbang angka ekspor paling besar di Indonesia.

“Tahun ini ekspor kita akan ke 59 negara. Untuk Suzuki Carry ini juga kita akan genjot ekspor untuk aksesorisnya,” jelas Donny.

Menurut Donny, aksesoris Suzuki Carry ini juga akan diekspor ke negara-negara yang sama. “Total ada 7 item aksesoris resmi, asli buatan Indonesia juga. Dengan begitu bisa menambah jumlah ekspor kita, sekaligus menambah devisa juga,” paparnya.

Selain ekspor New Suzuki Carry ini, rencananya tahun ini PT SIS juga akan menambah model terbarunya yaitu XL7 untuk dikirim ke mancanegara.

LEAVE A REPLY