Truk Listrik Pertama di Indonesia, Mitsubishi eCanter Belum Siap Dijual

0
mitsubishi ecanter truk listrik

ROCKOMOTIF, Jakarta – Perkembangan mobil listrik tidak hanya di sektor kendaraan penumpang saja, tapi juga di sektor komersial dengan hadirnya truk listrik pertama di Indonesia. Mitsubishi memboyong eCanter yang menjadikannya truk bertenaga listrik pertama di tanah air.

Kehadiran perdana truk Mitsubishi e-Canter ini di ajang GIICOMVEC 2020 di Jakarta Convention Center, Kamis (5/3). PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menyatakan jika hadirnya eCanter ini hanya untuk membuktikan teknologi listrik di kendaraan niaga milik Mitsubishi.

Untuk sementara KTB belum berniat untuk menjual truk listrik eCanter ini kepada konsumen Indonesia. Dua tahun lalu KTB telah memperkenalkan prototype dari eCanter, dan kini KTB membawa serta eCanter yang telah disempurnakan.

“Untuk saat ini truk listrik eCanter belum kami pasarkan, hanya sebagai informasi ke publik saja untuk teknologinya,” ujar Director Sales & Marketing KTB, Duljatmono di sela-sela peluncuran.

Baca juga: Truk E-Fuso Vision One Ini Bebas Asap Hitam

Mitsubishi eCanter ini telah diproduksi secara massal, serta telah dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat, serta beberapa Negara Eropa, yang diperuntukkan bagi konsumen fleet.

eCanter sepenuhnya beroperasi secara elektrik, tidak mengeluarkan gas buang, bebas kebisingan dan getaran, mengurangi efek negatif terhadap lingkungan secara signifikan. Selain itu, dibandingkan dengan kendaraan diesel konvensional, eCanter lebih sedikit getaran, serta mengurangi beban fisik pada pengemudi. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan lingkungan kerja yang lebih baik.

Truk listrik eCanter ini memiliki 6 modul baterai bertegangan tinggi dan mampu menempuh jarak 100 km dengan baterai penuh dan muatan 75%. Untuk pengisian baterai, dengan metode AC mencapai 9 jam dan metode DC hanya 1,5 jam saja.

Motor listriknya memiliki tenaga maksimal 135Kw atau 184 PS dengan torsi maksimum mencapai 390 Nm. Motor listriknya juga dibekali dengan pengisian regeneratif yang mengubah tenaga dari roda untuk mengisi daya ke baterai.

Truk listrik eCanter ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan. Seperti fitur bantuan pada saat di tanjakan, anti-lock braking system, electronic stability program agar kendaraan tetap stabil. Serta sistem lane departure warning.

LEAVE A REPLY