Ini Keunggulan Beta Motor RR Competition dan XTRAINER

0
beta motor rr competition 300 2t

ROCKOMOTIF, Serpong – Beta Motor baru saja merilis motor trail baru khusus enduro di Indonesia. Ada dua model yang diboyong untuk tahun 2020 ini, yaitu Beta RR Competition 300 2T dan Beta XTRAINER 300 2T.

Kedua motor asli Italia ini sama-sama menggunakan mesin 300cc berspesifikasi 2 stroke atau 2 tak. Ada 16 unit yang tersedia untuk konsumen Indonesia pecinta motor off road khusus olahraga enduro.

“Motor 4 stroke jarang diminati untuk off-road, makanya kita bawa yang 2 stroke,” ungkap Matteo Guerinoni CEO PT Roma Motor Utama di kantornya di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (13/2).

beta motor indonesia

Oh iya, motor ini tidak bisa digunakan di jalan raya ya. Karena memang hanya dirancang khusus untuk olahraga enduro saja alias untuk melibas trek off road yang cukup ekstrem.

Meskipun motor ini sudah dibekali dengan lampu utama. Tapi tujuannya agar pencinta enduro atau yang biasa menerabas di jalur hutan bisa melihat jalur saat malam hari.

Baca juga: Beta Motor Ramaikan Pasar Motor Trail Khusus Pecinta Endur

Mengenai spesifikasinya, Beta RR Competition 300 ini cocok bagi riders yang sudah terlatih atau profesional dalam mengendalikan dirtbike. Bisa dikatakan Beta RR Competition 300 dihadirkan lebih kuat dan diperuntukkan bagi riders pro dalam olah raga motor enduro ataupun off-road.

Sementara itu, Beta XTRAINER 300 memiliki karakter yang lebih soft. Meski sama-sama mengusung mesin 300 cc, motor ini masih lebih mudah dikendalikan. Bobotnya yang hanya 97 kilogram, diklaim sangat ringan bagi pemula.

beta motor xtrainer 300 2t

Dilihat secara keseluruhan, dua motor tersebut nampak sama, suspensinya sudah dibekali model upside down, jenis USD hydraulic 48 mm untuk RR 300 Enduro, dan 43 mm untuk Xtrainer 300. Dua motor asal Italia ini memiliki jarak ke tanah 320 mm, dengan bobot kering 103,5 kg. Suspensi tersebut dipadukan dengan sokbreker bagian yang bisa diatur tingkat keempukannya.

Baca juga: Ini Ban Khusus Motor Offroad Terbaru dari Dunlop

Keduanya dibekali mesin berkapasitas 293,1 cc, berpendingin cairan 2-tak dan masih menggunakan karburator milik Keihin PWK 36. Beta mengklaim tenaga yang dihasilkan lebih dari 40 dk dan dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan.

Peleknya menggunakan bahan aluminium dengan ukuran roda mengunakan ring 21 inci untuk depan dan 18 inci untuk belakang. Tangki bensin motor enduro ini lebih besar, kapasitas tangki RR 300 sebesar 9,5 liter dan Xtrainer sebanyak 8,5 liter.

Kenapa cukup besar, karena para pengguna enduro lebih melakukan perjalanan panjang di dalam hutan. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk kehabisan bahan bakar selama berada di dalam hutan.

PT Roma Motor Utama membanderol Beta 300 RR Rp 158 juta dan Beta Xtrainer 300 Rp 148 juta off the road.

LEAVE A REPLY