Mesin Diesel Untuk SX4 S-Cross, Suzuki Masih Pikir-Pikir

0
Peluncuran Suzuki SX4 S-Cross facelift di Pondok Indah Mal (10/11)
Peluncuran Suzuki SX4 S-Cross facelift di Pondok Indah Mal (10/11)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Suzuki SX4 S-Cross yang baru saja diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang masih mengusung mesin bensin 1.5 liter DOHC VVT. Padahal crossover yang diimpor utuh (CBU) dari India ini punya satu pilihan mesin diesel di negara asalnya.

Ya, untuk pasar India memang mesin diesel masih menjadi favorit. SX4 S-Cross pun di sana dijual dengan mesin diesel 1.3 liter dengan teknologi smart hybrid. Lalu kenapa SIS tidak ikut memboyong varian diesel S-Cross ke pasar Indonesia? Kan Ertiga juga sudah ada varian dieselnya yang dijual di Indonesia.

Menurut Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT SIS, pihaknya masih pikir-pikir untuk membawa S-Cross diesel. “Memang benar, kita sudah jual Ertiga diesel di Indonesia. Tapi untuk S-Cross kita masih studi apakah di segmen crossover ini konsumen menginginkan varian diesel atau nggak,” ungkapnya saat peluncuran SX4 S-Cross di Pondok Indal Mal, Jakarta (10/11).

Baca Juga: Ini Spesifikasi Lengkap Suzuki SX4 S-Cross Facelift

Donny menambahkan kalau memang respon pasar positif, pasti Suzuki juga mau mendatangkan S-Cross diesel ke Indonesia.

Spesifikasi S-Cross Indonesia Berbeda Dengan India

S-Cross terbaru ini memang diimpor utuh dari India, tapi untuk spesifikasinya berbeda dengan model yang dijual di India. Tidak hanya dari sektor mesin saja, jika di India mesin diesel 1.3 liter dan di Indonesia mesin bensin 1.5 liter.

Menurut Donny di India sudah menerapkan emisi gas buang Euro IV, sementara kalau di Indonesia sampai saat ini masih berkutat dengan Euro II. “Tetapi kalau di Indonesia sudah menerapkan emisi yang sama, kita juga sudah siap. Karena setiap produk yang kita luncurkan disesuaikan dengan pasar atau regulasi yang ada di Indonesia,” kata Donny.

Hasil konsumsi bahan bakarnya pun berbeda dengan India. Untuk S-Cross bensin Suzuki mengklaim hasil tes mereka untuk versi manual bisa mencapai 14,8 km per liter. Sementara transmisi otomatisnya mencapai 14,4 km per liter.

LEAVE A REPLY