Perawatan Motor Tak Terpakai Di Tengah Work From Home

0
perawatan motor honda virus corona

ROCKOMOTIF, Jakarta – Di tengah himbauan pemerintah terkait bekerja dari rumah, salah satu dampaknya adalah tidak terpakainya kendaraan bermotor untuk aktivitas.

Oleh karena itu, untuk tetap mendapatkan performa yang maksimal, pemilik harus tetap melakukan perawatan meskipun motor tersebut tidak digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Tujuannya, agar sistem mekanik yang ada di motor tetap berfungsi dengan baik.

Astra Honda Motor, memberikan beberapa tips perawatan terkait hal tersebut. Meski kendaraan tidak digunakan, disarankan untuk tetap melakukan perawatan seperti memanaskan motor setiap pagi.

”Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup,” terang Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Baca juga: Motor Honda Buatan Indonesia ini Laris di Pasar Global

Ketika motor berdiam lama di garasi, juga harus diperhatikan lantaran ada beberapa komponen yang butuh perhatian, sehingga pemilik jangan sampai lengah.

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja,” tambah Endro.

Beliau pun membagikan beberapa hal yang bisa dilakukan pemilik motor ketika motor tersebut tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Beri pelumas bagian bagian yang cenderung/ berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya,” tukasnya.

LEAVE A REPLY