Launching Mobil Virtual? Begini Komentar Toyota

0
Peluncuran mobil virtual Toyota Agya
Peluncuran mobil virtual Toyota Agya di tengah pandemi virus Corona

ROCKOMOTIF, Jakarta – Terkait penyebaran pandemi corona yang terus meluas, dan pemerintah memerintahkan untuk social distancing, peluncuran mobil baru pun dibuat secara virtual atau live streaming.

Contohnya, PT Toyota-Astra Motor, yang lebih dulu melakukan launching virtual New Toyota Agya pada beberapa waktu lalu. Mereka memanfaatkan platform digital seperti Youtube, dan Facebook untuk meluncurkan produk dalam situasi yang kurang mengenakan ini.

“Sebenarnya cukup efektif. Kapasitas yang bisa kita pakai untuk launching offline itu sekitar 200 sampai 250 orang. Tapi saat live streaming, itu bisa mencapai 1.000 viewers. Walaupun angkanya besar, tapi biar gimana juga kan harus lihat langsung mobilnya. Jadi ada sedikit kegaringan lah,” ujar Dimas Aska, Interactive Communication Department Head PT Toyota-Astra Motor.

Baca juga: Toyota Agya Facelift Lebih Mahal Rp 500 Ribu Dari Versi Sebelumnya

Dimas juga menambahkan bahwa memang ada tantangan baru ketika peluncuran produk dilakukan secara virtual atau streaming. Salah satunya adalah kesiapan aset digital.

“Tantangannya adalah, di saat itu kan ada sosial distancing dan WFH, jadi web (Toyota) sudah harus siap dan layanan digital lainnya, seperti M-Toyota itu harus ready saat bersamaan. Lebih penting lagi, itu berjalan dengan digitial. Jadi mobil juga harus ready di setiap diler,” tambahnya.

Namun, salah satu yang bisa menjadi sisi positif adalah kecepatan informasi melalui layanan digital streaming. Di mana seluruh masyarakat bisa dengan langsung menyaksikan dan melihat secara langsung proses peluncuran mobil tersebut.

“Bisa digital itu informasi jadi lebih cepet,” tutup Dimas, dalam teleconference, Selasa (31/3) malam.

LEAVE A REPLY