Banyak Begal, Ini Cara Berkendara Aman di Malam Hari

0
begal motor

ROCKOMOTIF, Jakarta – Belakangan ini marak aksi begal kendaraan bermotor di jalan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya tahanan yang dilepas karena takut virus corona. Padahal setelah dilepas mereka pun kerap melakukan aksi kejahatannya lagi.

Termasuk dengan cara begal. Para penjahat itu melakukan beragam cara termasuk menyerang pemilik mobil atau sepeda motor untuk merampas kendaraannya itu.

Para begal itu biasanya terjadi pada malam hari, di mana kondisi jalanan benar-benar sepi sehingga bisa melancarkan aksinya.

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, paling penting para pemilik kendaraan bisa mencegah dengan tidak keluar rumah hingga larut malam.

BAca juga: Tips Aman Berkendara Motor Dari Virus Corona

“Di tengah kondisi kayak begini, idealnya keluar rumah maksimal pukul 7 malam saat suasana masih hidup, atau sebelum buka puasa segera balik ke rumah karena kondisinya rawan,” ungkap Sony dalam wawancara virtual, Jumat (1/5/2029).

Sony melanjutkan, usahakan juga jika pergi tidak sendiri, tetapi ditemani oleh teman atau anggota keluarga lainnya dan selalu informasikan kepada orang terdekat tujuan Anda.

“Anda juga harus rencanakan rute yang akan dilewati. Artinya hindari ruas jalan yang sepi, dan pastikan kendaraan dalam kondisi optimal sehingga tidak membuat berhenti mendadak di tengah perjalanan,” tutur dia.

Langkah lainnya, Anda juga bisa memanfaatkan fitur live tracking agar orang di rumah bisa terus memantau pergerakan selama di perjalanan. “Pada intinya, tentukan jadwal berangkat dan jangan ambil risiko,” tutup Sony.

LEAVE A REPLY