Bahayakah Electric Brake Selama Mobil Tidak Digunakan?

0
electric parking brake

ROCKOMOTIF, Jakarta – Semasa pandemi covid-19, tentu pemilik kendaraan menjadi lebih sering memarkirkan kendaraannya di garasi. Hal ini karena kebijakan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Work From Home (WFH).

Dengan kondisi seperti itu, apakah ada dampaknya terhadap mobil? Terutama pada bagian sistem pengereman electric, seperti yang telah diadopsikan pada line up Glory.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Sugiartono, Technical Manager PT Sokonindo Automobile, memberikan penjelasannya.

Menurutnya, tidak ada masalah dengan fitur tersebut, justru masalah bukan terjadi pada fitur electric brake, tetapi asa komponen lainnya.

Baca juga: DFSK Tawarkan Program Menarik Selama April 2020

“Yang menjadi concern kami adalah disc brake atau kampas rem, bukan pada electric parking brake. Karena kalau itu akan lebih bagus, tidak ada kabel yang tegang terus,” ujar Sugiartono, dalam video conferencenya (15/5/2020).

Menurutnya, meskipun harus terparkir lama, justru mobil juga harus dijalankan untuk menjaga sistem mekanis mobil tetap berfungsi dengan baik.

“Di merk lain pun disk brake atau kampas remnya menjadi masalah minor. Kalau memungkinkan, tidak hanya dinyalakan saja mesin mobilnya, tetapi juga harus digerakkan juga seperti maju mundur,” tambah Sugiartono.

LEAVE A REPLY