Resep Sukses Kenaikan Market Share Suzuki

0
Suzuki Carry Ambulance GIICOMVEC

ROCKOMOTIF, Jakarta – Di balik kenaikan market share PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di tengah masa pandemi ini, ada beberapa faktor yang menopang.

Dalam bincang virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT), Harold Donnel, Head Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan apa saja yang menjadi faktor keberhasilan tersebut.

“Terkait market Suzuki yang naik, karena Suzuki diuntungkan oleh model-model yang diproduksi secara lokal. Sehingga sangat membantu penjualan di masa pandemi yang terjadi,” ujar Harold, dalam video conferencenya.

Dikatakan oleh Harold, secara total produk yang diproduksi secara lokal oleh Suzuki mencapai 88 persen sedangkan 12 persennya merupakan produk yang dipasarkan secara CBU.

Baca juga: Meski Ditempa Pandemi, Market Share Suzuki Malah Naik

Adapun penyumbang terbesar, berasal dari segmen kendaraan niaga andalan Suzuki. Hal ini yang juga menjadi salah satu faktor kesuksesan tersebut.

“Kontribusi terbesar dari Pikap menjadi andalan di angka 50 persen, sebagai penunjang ekonomi. Low MPV Ertiga mencapai 20 persen, SUV 15-20 persen, sisanya city car dan lainnya,” tambah Harold.

Sementara itu, bicara mengenai penjualan, saat ini Suzuki masih merasa terbantukan atas kehadiran line up komersial tersebut. Meski ada penurunan, namun lagi-lagi marketshare pada segmen tersebut justru berbanding terbalik.

“Pikap jualan masih stabil, Januari-April penjualan pikap low turun dari 18 menjadi 10 secara nasional. Namun market share naik dari 39 persen jadi 59 persen. Di sini Suzuki berhasil melakukan strategi dengan berbagai program diskon,” tandasnya.

LEAVE A REPLY