Masuk Kondisi New Normal Butuh Persiapan Apa Saja?

0
Persiapan new normal baru tips

ROCKOMOTIF, Jakarta – Saat ini Indonesia sudah bersiap untuk memasuki kondisi new normal, bahkan DKI Jakarta sudah persiapan dengan adanya masa transisi ke normal baru ini. Nah, sebenarnya untuk menghadapi kondisi new normal ini apa sih yang dibutuhkan? Apa bedanya sama kondisi normal biasa yang dulu kita hadapi sehari-hari?

Menurut Daihatsu, ada persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi new normal ini. Baik persiapan ke individu maupun ke peralatan pendukungnya seperti kendaraan.

Tips pertama untuk individu, tentunya harus tetap menjaga kesehatan. Kegiatan mencuci tangan sudah menjadi kewajiban sebelum dan sesudah melakukan atau memegang sesuatu yang baru.

Baca juga: Ini Tips Rawat Kendaraan Saat Bosan #DiRumahAja

Begitu juga mengganti pakaian dan langsung mandi ketika tiba di rumah sehabis berpergian dari luar. Berikutnya adalah menjaga kesehatan tubuh dengan tidur cukup, makan makanan bergizi, olahraga secara teratur dan berjemur di pagi hari, untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tentunya harus tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Selalu gunakan masker saat keluar rumah, menjaga etika bersin dan batuk.

cegah virus corona di kabin mobil

Persiapan Kendaraan

Jika individunya sudah sehat, maka perlu diperhatikan juga kondisi kendaraan. Dengan kondisi new normal diharapkan untuk mengurangi pergi dengan kendaraan umum, untuk meminimalisir penularan tentunya.

Nah, untuk itu makanya kondisi kendaraan pribadi haruslah prima. Agar tidak menyusahkan saat digunakan beraktivitas.

Selalu pastikan kondisi mobil siap pakai dengan servis berkala setiap 6 bulan/ 10.000 Km dengan datang ke bengkel resmi atau mobile service ke rumah.

Baca juga: Tips #DiRumahAja Tapi Tetap Bugar Dari Pembalap Honda

Menjaga kebersihan mobil terutama bagian interior. Dengan membersihkan area yang sering dipegang, seperti steering wheel, tuas transmisi, switch lampu/wiper/AC. Secara berkala melakukan disinfektan mobil, dan pembersihan AC mobil, serta memakai aksesoris kesehatan seperti air purifier.

Untuk berkendara agar tetap aman dan nyaman di era New Normal juga ada persiapannya. Tentunya menggunakan masker dan membawa hand sanitizer/ tissue antiseptic adalah hal yang normal dan wajib.

Mengatur posisi duduk penumpang (physical distancing) dan tidak lebih dari 50% dari kapasitas mobil, jika bukan keluarga inti. Saat harus berbagi atau memberi tumpangan kepada orang lain, pastikan penumpang tersebut dalam kondisi sehat.

Mempraktekkan physical distancing dengan menyiapkan beragam pecahan uang tunai dan bayar dengan uang pas. Semaksimal mungkin menggunakan uang elektonik dan pastikan saldo cukup. Gunakan juga alat bantu/ siku saat harus menyentuh fasilitas umum.

“Daihatsu berharap para Sahabat dan masyarakat Indonesia dapat mempertahankan kesehatannya dengan menerapkan tips dan kebiasaan baru yang positif,” ujar Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

LEAVE A REPLY