Bukan Hoax, 139 Ribu Mitsubishi Xpander Kena Recall Karena Fuel Pump

0
recall xpander fuel pump
Ilustrasi Mitsubishi Xpander di bengkel resmi Mitsubishi

ROCKOMOTIF, Jakarta – Perhatian bagi 139 ribu pemilik Mitsubishi Xpander di Indonesia tampaknya harus membawa mobil mereka ke bengkel resmi Mitsubishi. Ini bukan hoax, pasalnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan resmi recall bagi LMPV andalannya ini.

Dalam pengumuman resminya ini, PT MMKSI mengatakan jika recall Xpander ini sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen Mitsubishi dalam memastikan keamanan dan kenyamanan konsumen.

Dalam pernyataan resminya, Eichiro Hamazaki, Director of After Sales Service Division MMKSI mengatakan jika Xpander merupakan model yang sangat penting bagi Mitsubishi Motors dan Indonesia. Dan program kampanye perbaikan merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan.

“Guna memastikan keamanan dan kenyamanan serta menjamin layanan purna jual berkualitas bagi para pengguna kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia. Kami mengundang konsumen setia Mitsubishi Xpander untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur yang mudah dan tanpa biaya,” ungkap Hamazaki dari pernyataan resmi, Senin (22/6).

Baca juga: Mitsubishi Recall Tiga Produknya di Indonesia Karena Komponen Mesin

Adapun masalah pada Xpander ini terkait dengan kerusakan pada komponen fuel pump atau pompa bahan bakar. Di mana berdasarkan investigasi yang dilakukan MMKSI, ditemukan fenomena bahwa Fuel Pump di dalam tangki dapat berhenti beroperasi secara tiba-tiba.

Kampanye perbaikan atau recall ini dilakukan oleh MMKSI terhadap 139.111 unit Mitsubishi Xpander dengan tahun produksi 2017 sampai 2019. Ini berarti mencakup hampir semua produksi Mitsubishi Xpander sejak awal diluncurkan pada Agustus 2017 silam hingga 2019.

Kerusakan pada komponen fuel pump Xpander ini berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja. Kemungkinan penyebabnya adalah impeller memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Baca juga: Diskon Menarik Untuk Paket Kebersihan Kabin Mobil Mitsubishi

Untuk itu, MMKSI akan mengirimkan surat undangan kepada pemilik Xpander di Indonesia untuk segera datang ke bengkel resmi Mitsubishi untuk dilakukan pergantian suku cadang ini.

Kampanye perbaikan dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander dan melakukan pergantian unit fuel pump dengan yang sudah disempurnakan. Estimasi pelaksanaan pemeriksaan sekitar 1 jam/unit dan proses pemeriksaan dan perbaikan sekitar 2 jam/unit.

Kampanye perbaikan akan dimulai pada tanggal 22 Juni 2020 di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia. Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti kampanye perbaikan ini.

Ada 2 cara untuk melakukan pergantian fuel pump ini yang bisa dipilih oleh konsumen.

Datang ke diler resmi

Konsumen terkait dapat datang ke diler resmi Mitsubishi Motors untuk melaksanakan pemeriksakan pada kendaraannya. Dan bila ID produk Fuel Pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini maka konsumen akan mendapatkan penggantian part fuel pump yang sudah disempurnakan.

Untuk memudahkan pelaksanaan kampanye perbaikan konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care maupun aplikasi My Mitsubishi ID.

Fasilitas Home service

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada situasi pandemi saat ini maka, konsumen dapat melaksanakan kampanye perbaikan ini dengan memanfaatkan layanan Home Service. Di mana pelaksanaan kampanye perbaikan dilakukan di rumah konsumen, sebagai pilihan tambahan dari opsi datang langsung ke diler.

Bila ID produk Fuel Pump sesuai dengan daftar mobil terlibat di program ini maka konsumen akan mendapatkan penggantian part fuel pump yang sudah disempurnakan. Konsumen dapat mengatur jadwal pemeriksaan dengan memanfaatkan fasilitas service booking melalui Mitsubishi Motors Customer Care maupun aplikasi “My Mitsubishi ID”.

LEAVE A REPLY