Toyota Corolla Cross Meluncur di Indonesia Pada 6 Agustus 2020

0
toyota corolla cross indonesia

ROCKOMOTIF, Jakarta – Selang sebulan setelah meluncur perdana secara global atau world premiere di Bangkok, Thailand pada awal Juli lalu, kini Toyota Corolla Cross siap dipasarkan di Indonesia. Tepatnya PT Toyota Astra Motor (TAM) akan merilis kehadiran Corolla Cross pada tanggal 6 Agustus 2020 mendatang.

Kepastian peluncuran Toyota Corolla Cross ini menurut undangan yang datang ke redaksi Rockomotif. TAM akan meluncurkan SUV crossover terbaru Toyota ini secara virtual melalui channel Youtube Toyota Indonesia.

Untuk pasar Thailand sendiri, crossover terbaru ini hadir dalam dua varian, yakni bermesin konvensional dan hybrid. Masing-masing dijual dengan harga mulai 989.000 baht – 1.199.000 baht atau sekitar Rp 450 jutaan – Rp 550 jutaan (tergantung kurs).

corolla cross

Untuk spesifikasinya sendiri, varian bermesin bensin konvensional mengusung mesin 2ZR-FBE 1.8 liter seperti yang digunakan Toyota Corolla Altis dan Toyota C-HR yang menyemburkan tenaga hingga 140 PS dengan torsi 177 Nm.

Sedangkan varian hybrid mengusung mesin konvensional 2ZR-FXE 1.8 liter yang dipadu dengan motor listrik, yang masing-nasing menghasilkan tenaga 98 PS dengan torsi 142 Nm dan 72 PS dengan torsi 163 Nm.

Baca juga: All New Corolla Altis Hybrid Jadi Pengganti Mesin 2.0 liter

Untuk pasar Indonesia sepertinya tidak akan berbeda dengan spesifikasi yang dijual di Thailand. Tampaknya TAM juga masih akan mengimpor Corolla Cross ini secara utuh (CBU) dari negeri Gajah Putih.

corolla cross

Adanya fasilitas pengecualian tarif impor bea masuk di skema kerjasama perdagangan bebas regioal ASEAN (AFTA) tampaknya akan dimanfaatkan oleh TAM. Dengan fasilitas itu maka tarif bea masuk barang impor bisa mendapat keringanan antara 5% sampai 0%.

Corolla Cross merupakan versi crossover dari Toyota Corolla dengan menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) seperti pada Toyota C-HR, Toyota Corolla Altis, dan lainnya.

Nantinya Corolla Cross ini akan bersaing langsung dengan Mazda CX-30, Mitsubishi Eclipse Cross, dan juga Honda HR-V. Tinggal tunggu berapa harga jualnya di Indonesia. Sepertinya sih tidak akan jauh berbeda dari harga di Thailand.

LEAVE A REPLY