Toyota Hilux Baru Meluncur, Apa Istimewanya?

0
Toyota hilux

ROCKOMOTIF, Jakarta – Toyota Astra Motor kembali merilis mobil baru untuk Indonesia di tengah pandemi yang tak kunjung usai. Setelah awal bulan ini menghadirkan Corolla Cross, sekarang TAM memboyong Hilux terbaru.

Mobil yang identik dengan mobil pekerja ini mendapat penyegaran dari model sebelumnya. Apa istimewanya model baru ini dibandingkan dengan yang lama? Pertama tentu dari tampilan, yang pasti terlihat jelas bedanya dari tampak depan. Toyota mengaplikasikan grille trapezoidal tebal yang begitu mendominasi wajahnya sehingga menciptakan penampilan yang gagah dan penuh tenaga.

Dari sisi fitur kita bicara untuk varian tertingginya yang sudah pasti banyak fiturnya. Pada model flagship, Hilux D-Cab tipe V telah mengadopsi lampu depan LED dengan pola desain futuristis dan dilengkapi auto leveling untuk meningkatkan visibilitas. Selain itu, tipe G dan V telah disematkan foglamp LED disertai rumah lampu berkelir hitam yang ramah energi dan punya daya tahan tinggi.

Penggunaan velg alloy 17 inchi berwarna abu-abu gelap untuk menampilkan kesan tangguh dan berwibawa. Semakin terdepan di kelasnya berkat desain lampu belakang berpola 3 dimensi bermodalkan profil kokoh dan unik di tipe V.

Toyota hilux

Di bagian interior, penyegaran langsung terdeteksi pada desain head unit, dimana tipe E mengandalkan flat design 2 DIN capacitive screen yang bisa memainkan radio, CD, USB, dan AUX-IN. Tipe G memanfaatkan model serupa dengan tambahan fitur Bluetooth. Sementara tipe V menggunakan monitor 7 inchi yang bisa memainkan DVD, radio, USB, AUX-IN, dan Bluetooth.

Baca juga: Kemarin Fuel Pump, Sekarang Toyota Recall Lagi Innova dan Fortuner Gegara Rem

Masih dari area dashboard, tipe G dan V mengadopsi panel instrumen baru yang memberi kesan premium dan tangguh. Kedua model memperoleh MID 4,2 inchi TFT untuk menyajikan informasi lebih baik, serta dilengkapi indikator ECO untuk melihat karakter berkendara dan animasi saat mesin baru dinyalakan.

Untuk menambah fungsionalitas, tersedia koneksi listrik via lighter di tengah dashboard sisi penumpang, serta assist grip di atas pintu pengemudi guna memudahkan akses keluar dan masuk di seluruh tipe D-Cab. Sementara untuk semua tipe S-Cab dan D-Cab dilengkapi dengan overhead console box dan illuminated entry.

Toyota hilux

“Di tengah situasi pandemi seperti saat ini, kami berharap kehadiran New Hilux dapat memberikan kontribusi positif pada industri otomotif nasional. Apalagi saat ini Hilux tidak hanya dipakai sebagai armada bisnis, tapi juga dimanfaatkan sebagai moda transportasi warga perkotaan yang tidak hanya membutuhkan fungsi, tapi juga style memikat, performa unggul, dan kenyamanan kabin terbaik, di samping tetap mengedepankan kelebihan di sektor purnajual yang menjadi salah satu kunci kepuasan pelanggan,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Setingan Baru Untuk Pengendalian

Tidak hanya tampilan dan interior saja, New Hilux memperoleh pengembangan spesifikasi di beberapa bagian untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Pada New Hilux S-Cab 4×4 dan seluruh D-Cab mendapatkan setting ulang pada sistem suspensi.

Tujuannya untuk menciptakan keseimbangan antara kenyamanan dan respons kemudi yang memadai, menjamin kemampuan di medan off-road, dan meredam goncangan yang timbul dengan lebih baik. Susunan per daun (leaf spring) dirancang kembali sehingga terasa nyaman bahkan di jalanan rusak sekalipun dan membuat mobil tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah jalur.

Pada lingkar kemudi kini ada fitur Variable Flow Control Power Steering untuk model D-Cab tipe G dan V. Fungsinya mengendalikan kinerja pompa power steering berdasarkan kondisi berkendara untuk mencapai feeling mengemudi yang sesuai dengan kecepatan mobil. Perubahan ini membuat kemudi New Hilux terasa ringan ketika diputar dan mengurangi konsumsi bensin.

New Hilux tipe S-Cab Diesel, 4×4, dan seluruh D-Cab mengandalkan mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm. Demi mendukung kinerja mesin powerful tersebut, transmisi otomatis 6-speed disematkan pada D-Cab tipe V. Sentuhan berikutnya diberikan melalui penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat dan berujung pada fuel efficiency yang lebih baik.

D-Cab tipe G dan V telah dilengkapi fitur Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal sebagai fitur safety untuk memberikan perlindungan terbaik pada penumpang. Sementara fitur immobilizer untuk mencegah pencurian tersedia di semua model New Hilux.

Berikut ini daftar harga untuk Toyota Hilux terbaru (OTR Jakarta)

Hilux single cabin 2.0 M/T
Rp. 241.700.00
Hilux single cabin 2.4 DSL M/T
Rp. 259.050.000
Hilux single cabin 2.4 DSL 4×4 M/T
Rp. 349.350.000
Hilux double cabin 2.4 E (4×4) DSL M/T
Rp. 429.750.000
Hilux double cabin 2.4 G (4×4) DSL M/T
Rp. 454.550.000
Hilux double cabin 2.4 V (4×4) DSL A/T
Rp. 492.800.000

LEAVE A REPLY