Kendaraan Karya Anak Bangsa Ini Diekspor ke Luar Negeri

0
AMMDES Digimodz

ROCKOMOTIF, Jakarta – Di saat kendaraan karya anak bangsa masih ada yang menuai kontroversi akibat tidak jelas produknya, tapi yang satu ini malah sudah diekspor ke luar negeri.

Alat Mekanis Mutiguna Perdesaan (AMMDes) ini merupakan produk karya anak bangsa yang menjadi kendaraan multifungsi. Itu sebabnya AMMDes kini mulai banyak diminati konsumen di negara-negara lain. Setelah berhasil diekspor ke Nigeria, Timor Leste, Papua Nugini, kini negara-negara lainnya di ASEAN juga tertarik.

AMMDes yang sudah diekspor Negeria, memiliki tiga aplikasi fungsi. Yaitu aplikasi KMW-AMMDes yang telah diekspor terdiri dari KMW-AMMDes Paddy Husker (Pengupas Padi), KMW-AMMDes Cassava Grinder (Penepung Singkong), dan KMW-AMMDes Garri Processor (Pengolah Garri).

Baca juga: Kemenperin Gelar Kompetisi AMMDes DigiModz

ekspor perdana ammdes

Menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Putu Juli Ardika, saat ini AMMDES juga tengah diuji coba di negara-negara yang dituju. Meski banyak yang meminta namun tak serta merta langsung dikirim, karena harus dibicarakan dengan produsennya.

“Ada banyak negara yang minta, tetapi itu masih dinegosiasikan dengan produsennya. Kemampuan jelajah AMMDes sangat andal untuk daerah minim infrasruktur, dan daerah ekstrem menjadi daya tarik,” papar Putu dalam konferensi pers virtual Digital Modification (Digimodz) AMMDes di Jakarta, Jumat (4/9).

Untuk semakin memacu kreativitas anak bangsa, Kemenperin pun mengadakan kembali kontes modifikasi digital untuk AMMDes ini. Tujuannya pun untuk menghasilkan produk AMMDes yang lebih banyak lagi dan memperbanyak peluang untuk diekspor ke berbagai negara lainnya.

LEAVE A REPLY