Perlukah Lakukan Engine Flush Setiap Penggantian Oli?

0
Engine flush ganti oli

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pemilik kendaraan masih sering bingung dengan cara perawatan kendaraan. Salah satu yang sering menjadi kendala adalah mengenai penggunaan pelumas apa yang cocok untuk nyaman untuk kendaraan kesayangannya. Singkatnya, penggunaan pelumas yang baik sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Namun, selain penggantian pelumas, pemilik kendaraan juga sering dihadapkan seberapa penting melakukan engine flush pada kendaraan. Menanggapi hal tersebut, Wie Wie Rianto, tuner yang menggawangi workshop R-Speed menjelaskan perihal seberapa penting melakukan engine flush pada kendaraan.

Dalam bincang-bincang bersama ROCKOMOTIF, Wie Wie, menjelaskan bahwa melakukan engine flush itu tergantung dari penggunaan pelumas pada kendaraan.

Baca juga: Waspada Hal Ini Jika Anda Lupa Ganti Oli Mesin Mobil

“Mengenai engine flush, kalau pelumas yang digunakan memiliki kualitas bagus, engine flush tidak perlu. Kalau kelasnya sintetik, itu enggak perlu melakuka engine flush. Namun, kalau untuk pemilik kendaraan menggunakan pelumas yang biasa saja, artinya engine flush juga harus dilakukan,” jelas Wie Wie Rianto.

Engine flush sendiri merupakan sebuah ritual yang dilakukan untuk merontokkan atau membersihkan kerak yang menempel pada ruang mesin. Hal tersebut ditujukan untuk memberikan performa yang maksimal agar kinerja mesin tidak terganggu dengan endapan serta kerak yang ada di bagian mesin.

Dengan menggunakan pelumas yang memiliki kualitas bagus, maka penerapan engine flush pada kendaraan tidak diperlukan. Karena, kualitas dari pelumas tersebut sudah mencakup untuk menjaga dan tidak meninggalkan kerak pada ruang mesin.

LEAVE A REPLY