Viral Pesepeda Di Jalan Tol, Jasa Marga Angkat Bicara

0
pesepeda masuk jalan tol

ROCKOMOTIF, Jakarta – Video mengenai viralnya pesepeda yang melintas di Jalan Tol Jagorawi beberapa waktu lalu, membuat viral masyarakat. Terlebih bagi pengguna Jalan Tol yang sedang melintas, hal tersebut tentu membahayakan pengguna Jalan Tol lainnya.

Video pesepeda tersebut berhasil direkam oleh salah satu pengguna Jalan Too yang sedang melintas. Menurutnya, ada beberapa orang yang melintas di bahu jalan serta tepi kanan jalan tol.

Melihat fenomena tersebut, Jasa Marga sebagai operator Jalan Tol, akhirnya angkat bicara untuk memberikan klarifikasinya.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Oemi Vierta Moerdika menjelaskan, Jasa Marga sangat menyayangkan tindakan pengendara sepeda yang masuk dan menggunakan jalan tol hingga membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Awas Pesepeda Bisa Kena Tilang Kalau Keluar Jalur

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005, Pasal 38 Ayat 1, disebutkan, jalan tol hanya diperuntukan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih. Kami telah memasang rambu larangan kendaraan roda dua masuk tol. Rambu kendaraan apa saja yang boleh masuk tol dan batas kecepatan berkendara di jalan tol, di setiap akses masuk tol,” tegasnya.

Berdasarkan keterangan petugas di lapangan serta Pihak Kepolisian, rombongan pesepeda tersebut masuk melalui akses masuk Jalan Tol Jagorawi Km 47+200 (traffic light Ciawi). Dan mencoba melawan arah dengan menyeberang di median pada Km 46+500, menuju Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Km 45. Saat ini kejadian tersebut masih dalam pemeriksaan lanjut dari Pihak Kepolisian.

“Jalan tol sebenarnya berbahaya bila dilewati kendaraan roda dua, sebab spesifikasi rancang bangunnya ditujukan untuk kendaraan roda empat atau lebih. Misalnya soal kecepatan, minimal kendaraan yang melintas di jalan tol antarkota melaju 80 Km/jam, sedangkan untuk jalan tol perkotaan 60 Km/jam. Pengendara sepeda juga akan bermasalah dengan empasan angin dari kendaraan lain sebab jalan tol dibuat tanpa hambatan,” pungkas Oemi.

LEAVE A REPLY