Rahasia Joan Mir Bisa Tikung Rossi di Lap Terakhir

0
Joan Mir Suzuki Ecstar MotoGP

ROCKOMOTIF, Misano – Pembalap muda Suzuki Ecstar MotoGP, Joan Mir bertekad kuat untuk tampil di podium saat San Marino GP – Misano World Circuit. Balapan yang dihelat pada Minggu (13/9) kemarin, ternyata tekad kuat Joan Mir plus rahasia pemilihan ban bisa membuatnya naik podium.

Tidak tanggung-tanggung, lawan yang berhasil ditikungnya di lap terakhir adalah pembalap kawakan Valentino Rossi. Langkah elegan dilakukan ketika mengambil alih posisi ke-3 pada putaran terakhir dari sang legenda MotoGP.

“Saya sangat senang. Saya tidak sekuat di Austria, tapi saya tetap naik podium, jadi itu kabar baik. Saya benar-benar menikmati akhir balapan, dan sangat menyenangkan bisa menyalip di akhir balapan!” ujar Mir.

Joan Mir Suzuki Ecstar MotoGP

Baca juga: Yamaha, Ducati, Suzuki Podium di San Marino, Honda ke Mana?

Kesabaran dan taktik jitu berhasil ia terapkan sehinggga Joan Mir berhak atas podium 3 dan tambahan poin klasemen. Dalam balapan sepanjang 27 putaran itu, Joan Mir dan rekan satu timnya Alex Rins berpacu untuk merebut posisi ketiga dan kelima.

Topik hangat di sesi warm-up pagi hari adalah pilihan ban, baik Rins maupun Mir menghabiskan waktu mencoba untuk menentukan pilihan terbaik mereka. Dan ini terbayar karena pilihan ban memainkan peran besar dalam balapan pada sore hari. Mir memilih kombinasi medium-medium, sedangkan Rins memilih medium-soft.

Terbukti Rins berhasil menempati posisi keenam dan Mir kedelapan di putaran pertama. Ketika Rins sanggup meningkatkan kecepatannya, mencetak putaran tercepat dan naik ke posisi kelima pada putaran kedelapan balapan, sebelum akhirnya mengambil alih posisi keempat. Mir masih tetap menempel di belakang rekan satu timnya di urutan keenam.

Rins menyesuaikan diri dengan ritme kecepatan balap yang luar biasa hingga makin mendekati podium. Dengan hanya beberapa putaran tersisa, kedua pembalap Tim Suzuki Ecstar MotoGP memiliki peluang besar untuk berada di podium.

Joan Mir Suzuki Ecstar MotoGP

Baca juga: MotoGP: Fabio Quartararo Berjaya, Marc Marquez Nelangsa

Namun, ketika Rins mulai menderita secara fisik akibat cidera yang belum pulih sepenuhnya, Mir mampu melewatinya. Pada putaran terakhir, Mir melakukan aksi menyalip yang luar biasa pada sang legenda MotoGP sehingga memastikan dirinya meraih podium kedua kalinya di tahun ini dengan perolehan finish di posisi ketiga, sementara Rins finish di posisi kelima dengan keberanian menaklukan rasa sakitnya.

Joan Mir sekarang menempati urutan pebalap keempat dalam Kejuaraan MotoGP 2020, selisih 16 poin dari puncak kelasemen. Sedangkan Rins dengan segala upayanya melawan rasa sakit akibat cidera masih berada di urutan ke-12, yang berarti semua harus bermain lebih baik di balapan berikutnya.

“Saya tahu saya bisa melakukannya di tikungan itu jadi saya percaya diri. Saya sadar bahwa saya akan berjuang sedikit di putaran pertama dengan ban baru. Tetapi kecepatan saya dengan ban yang telah terpakai jauh lebih cepat, dan saya merasa hebat dengan motornya, jadi saya berhasil memanfaatkannya.” tutupnya.

LEAVE A REPLY