Seluruh Wilayah Jawa Timur Bakal Terapkan Tilang Elektronik

0
tilang elektronik psbb jakarta

ROCKOMOTIF, Surabaya – Selain DKI Jakarta, Provinsi Jawa Timur juga akan memberlakukan tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/E-TLE). Saat ini Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur (Jatim) tengah mempersiapkan sistem tilang tersebut.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Latif Usman menjelaskan, saat ini masih melihat sarana dan prasarananya. Tilang elektronik masih dipersiapkan dan yang sudah running baru di daerah Madiun.

“Lalu, kita juga sudah siapkan di Gresik dan Lamongan. Intinya secara bertahap akan menyeluruh,” ungkap Latif dalam keterangan tertulis, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Tilang Elektronik di Jakarta Bakal Diperluas Lagi

Menurut dia, sebenarnya rencana menerapkan tilang elektronik di seluruh kabupaten dan kota di ini sudah lama dibicarakan dan dikaji. Namun, karena adanya pandemi virus corona alias Covid-19, realisasinya menjadi tertunda karena ada beberapa faktor yang juga terkendala.

“Rencananya kita bisa menyeluruh. Memang dalam hal ini, situasi pandemi ini penindakan khususnya terhadap pelanggaran lalu lintas memang agak kita kurangi, kecuali yang mengarah pada penyebab kecelakaan lalu lintas,” papar Latif.

Sebelumnya, sejumlah daerah di Surabaya juga sudah mulai melakukan ujicoba tilang elektronik. Hasilnya dinilai positif sehingga bisa diterapkan di semua Kota dan Kabupaten.

“Dalam waktu dekat akan dimulai, secara bertahap sampai akhirnya nanti menyeluruh wilayah Jawa Timur,” tutup Latif.

LEAVE A REPLY