Hari Pertama Operasi Zebra, Polda Aceh Jaring 546 Pelanggar

0
operasi zebra

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kegiatan Operasi Zebra yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai menjaring banyak pelanggar di beberapa ruas jalan. Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, pada hari pertama kegiatan tersebut menjaring sebanyak 546 pengendara.

Dalam keterangan tertulisnya, Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes Dicky Sondani, menjabarkan dari 546 pelanggar rata-rata didominasi oleh mereka yang tidak mengenakan perlengkaoan berkendara.

“Operasi Zebra Seulawah serentak digelar di seluruh Aceh mulai hari ini dengan menyasar berbagai pelanggar. Pada hari pertama, polisi menilang dengan rincian 257 pemotor yang tidak mengenakan helm, 45 melawan arus, 60 pengendara anak di bawah umur serta 85 pelanggaran lain,” ujar Kombes Dicky.

Selain menjaring pelanggar dari pengendara bermotor, Polda Aceh juga turut menjaring pengemudi mobil yang melakukan pelanggaran. Mereka kebanyakan ditilang lantaran tidak menaati prosedur yang sudahdiberlakukan oleh Korlantas.

Baca juga: Polisi Terus Lakukan Razia Penggunaan Masker

“Untuk pengendara mobil yang ditilang di antaranya 4 orang karena melawan arus, 42 terkait penggunaan safety belt serta 53 pelanggaran lain,” tambah Kombes Dicky Sondani.

Dicky menjelaskan, masih banyaknya pengguna motor yang tidak mengenakan helm menjadi bahan evaluasi di hari pertama operasi. Padahal, jelasnya, fungsi helm untuk melindungi kepala bila terjadi kecelakaan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, jangan jadikan beban memakai helm. Jadikan helm sebagai kebutuhan safety riding, sehingga aman naik motor di jalan,” terangnya.

Dalam razia tersebut, polisi juga memberikan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya memakai helm. Selain itu, Polantas juga memberikan imbauan agar pengguna jalan selalu menggunakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan COVID-19.

“Selain Razia kendaraan bermotor di jalan, dalam Operasi Zebra Seulawah 2020 juga dibagikan masker kepada masyarakat yang masih belum sadar menggunakan masker dan memasang stiker imbauan untuk memakai Masker di kendaraan bermotor,” tandasnya.

LEAVE A REPLY