Toyota Siap Sikat Hyundai, Bakal Launching SUV Listrik Lexus UX300e

0
lexus ux300e

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pemimpin pasar otomotif di Indonesia, Toyota tampaknya tak mau kalah langkah dari pabrikan lain. Saat Hyundai Indonesia sudah menghadirkan mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) di Indonesia, pabrikan Jepang ini pun berniat meluncurkan SUV premiumnya Lexus UX300e.

Hyundai memang baru saja secara resmi menjual mobil listrik penumpang pertama di Indonesia dengan Kona Electric dan Ioniq. Sepertinya hadirnya dua mobil BEV ini memicu Toyota untuk menghadirkan pesaingnya.

Menurut Motoris.id PT Toyota Astra Motor (TAM) akan memboyong SUV Lexus UX300e pada pekan depan atau pekan keempat November 2020. Indonesia akan menjadi negara pertama di ASEAN yang meluncurkan SUV listrik Lexus tersebut.

Menurut Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy pihaknya mengakui jika untuk mobil BEV ini pasar premium yang paling siap.

Baca juga: Sekarang Bisa Konsultasi Perbaikan Mobil Toyota Secara Virtual

“Dan kita mulai BEV ini dari Lexus, karena customer segmen premium ini yang paling siap. Sebab dari sisi harga belum affordable,” ujar Anton saat konferensi pers virtual, Rabu (18/11/2020).

Selama ini, Toyota masih asyik dengan mobil hybrid dan juga hybrid electric vehicle untuk pasar Indonesia. Tapi dengan hadirnya Hyundai terlebih dulu dengan mobil BEV, sepertinya TAM dengan cepat bereaksi dengan menghadirkan mobil tanpa emisi ini.

Lexus UX300e adalah SUV listrik yang menggunakan baterai lithium ion 54,3 kWh. Semburan tenaga dari motor listriknya mencapai 201 hp dan jika baterai terisi penuh dapat menempuh jarak sejauh 400 kilometer sesuai dengan standar NEDC.

Lexus UX sendiri merupakan SUV entry level Lexus yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun lalu. Lexus UX ini sebelumnya hadir di Indonesia dengan tiga tipe, yakni Lexus UX 200 gasoline , tersedia dalam varian Sport dan Luxury, serta UX 250h Hybrid.

Untuk pasar Indonesia, Toyota pertama kali menghadirkan kendaraan elektrifikasi pada 2009, dengan Toyota Prius HEV. Kemudian pada 2010, melalui brand Lexus sebagai merek kendaraan premium, Toyota memasarkan Lexus LS HEV untuk segmen high-end.

Sampai saat ini, tidak kurang 8 model kendaraan elektrifikasi sudah dipasarkan di Indonesia baik sedan, MPV maupun SUV. Dari tahun ke tahun penerimaannya juga makin baik. Hingga Oktober 2020, total penjualan elektrifikasi TAM sudah melebihi angka 3.300 unit.

LEAVE A REPLY