Panduan Touring Motor dari IMI Segera Dirilis

0
touring kemerdekaan JMC

ROCKOMOTIF, Jakarta – Ikatan Motor Indonesia (IMI) sedang membuat panduan touring, untuk para komunitas sepeda motor yang akan berpergian ke suatu tempat menggunakan roda dua. Tujuan utamanya, yakni untuk mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan di jalan.

Ketua Umum IMI Sadikin Aksa menjelaskan, aturan ini dibuat juga berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta instansi terkait lainnya.

“Dalam waktu dekat akan segera dirilis agar semuanya jelas dan teratur,” ungkap Sadikit saat dihubungi, Kamis (19/11/2020).

Adanya panduan touring ini membuat para bikers yang ingin mengadakan kegiatan touring ke suatu tempat pastinya akan jadi lebih tertib. Tapi pasti juga membuat prosesnya lebih ribet karena harus mengajukan perijinan ke IMI terlebih dulu.

Baca juga: IMI Rombak Regulasi Terkait Event Balap Nasional

Menurut Sadikim, secara keseluruhan panduan mengenai standardisasi, tata cara berkendara secara berkelompok oleh IMI, akan dikeluarkan pada 25 November 2020 mendatang.

Panduan tersebut juga merupakan yang pertama diterbitkan di dunia setelah 13 tahun. Terakhir panduan yang sama pernah dibuat di Amerika Serikat pada 2007 lalu.

IMI menugaskan Tim Mobilitas guna merancang panduan tersebut, yang terdiri dari pegiat otomotif. Termasuk di dalamnya perwakilan IMI Pusat, Korlantas Polri, Kemenhub, dan beberapa bikers terpilih dari klub motor di Indonesia.

LEAVE A REPLY