Tanggapan Komunitas Motor Atas Panduan Touring New Normal

0
Panduan touring imi

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), sudah mengeluarkan standar baru untuk komunitas yang ingin melakukan touring dalam masa new normal. Salah satunya adalah tata cara mengenai melakukan perjalanan dengan cara berkelompok. Hal ini tentunya sebagai acuan baru dalam situasi dan kondisi adaptasi kebiasaan baru.

Menanggapi adanya panduan tersebut, Richard Ryan, salah satu pentolan dari KTM Owners Community Indonesia (KOCI), menanggapinya dengan sangat baik. Menurutnya, ini akan menjadi sebuah hal baru bagi bikers yang tengah touring dan tidak lagi menimbulkan stigma negatif di mata masyarakat dan pengguna jalan pada umumnya.

“Kalau saya liat, ini kan baru pertama kali ada standarisasi dan belum pernah ada. Kalau balap kan standarisasinya sudah ada, tapi ini untuk standarisasi touring, bagus banget. Intinya, bukan touringnya, tapi lebih ke berkendara berkelompoknya. Dengan adanya panduan ini, tentu akan membuat lebih tertib untuk bikers yang mau touring ataupun sekedar sunmori (Sunday Morning Riding),” buka Richard, dalam wawancaranya bersama ROCKOMOTIF.

Baca juga: Panduan Touring Motor dari IMI Segera Dirilis

Sebagai bikers, ia juga tidak menampik banyak komunitas yang melakukan perjalanan touring ini dengan tidak baik. Sebagai contoh, ada yang meminta jalan dengan memaksa atau justru menguasai jalanan. Yang mana fasilitas tersebut diperuntukan untuk semua orang, bukan untuk kalangan tertentu saja.

“Kalau touring kan biasanya komunitas ini banyak yang mengganggu kendaraan lain, arogan, minta jalan. Dan dengan adanya standarisasi ini, jadi mereka lebih tahu dan lebih tertib nantinya. Bagus banget kalau menurut saya sebagai komunitas ya,” tambah Richard.

Bahkan, dalam panduan touring ini Ikatan Motor Indonesia sebagai induk organisasi kendaraan bermotor juga mengatur bagaimana berperilaku saat berkendara berkelompok. Seperti dalam lampu merah, ataupun saat mengisi bensin kendaraan ketika touring. Dengan adanya panduan ini, diharapkan bikers dapat lebih tertib dan mengerti tata cara berkendara yang baik dan benar.

LEAVE A REPLY