Perhatikan, Begini Cara Mengemudi Aman Saat Hujan Deras

0
persiapan berkendara di musim hujan

ROCKOMOTIF, Jakarta – Penghujung tahun seperti sekarang ini banyak dimanfaatkan untuk berpergian ke suatu tempat, menggunakan kendaraan pribadi. Tapi, perlu diperhatikan bahwa musim hujan pun sedang melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Oleh sebab itu, para pengemudi harus ekstra hati-hati ketika mengemudi dalam kondisi hujan deras. Harus tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan selama di jalan raya.

Menurut penjelasan Samsudin, National Technical Advisor dari Astra Peugeot, paling signifikan adalah visibilitas menjadi terganggu karena turunnya air hujan. Jadi diimbau untuk tetap berhati-hati, dan paling sederhana kurang kecepatan kendaraan.

Baca juga: Supaya Enggak Melintir Karena Aquaplaning, Perhatikan Hal Ini Saat Hujan

“Jangan justru ngebut karena bahaya, jarak pandang semakin kecil, yang ada kalau ngebut malah bahaya bisa kecelakaan karena jarak pandang kecil,” ungkap Samsudin saat dihubungi belum lama ini.

Kecepatan kendaraan harus disesuaikan dengan kondisi jalan. Misal, minimal 30 km per jam atau 50 km per jam maksimalnya. Kondisi aspal atau beton juga licin sehingga bisa berbahaya, takutnya terkenda aquaplaning.

“Kuncinya juga harus berkonsentrasi tinggi jangan sampai tidak fokus karena bisa berbahaya buat diri sendiri dan juga kendaraan lain di sekitarnya,” tutup Samsudin.

LEAVE A REPLY