Test Ride Suzuki Nex II Crossover, Asyik Buat Harian dan Tangguh Di Segala Medan

0
test ride nex ii crossover

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pasca peluncuran secara virtual yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk produk Suzuki Nex II Crossover, tim ROCKOMOTIF mendapat kesempatan untuk menguji langsung performa serta keandalan motor yang dibanderol Rp 17 jutaan ini.

Dalam sesi test ride yang diberikan, saya sengaja mencari tanah yang menjadi lahan kosong. Gunanya, untuk bisa merasakan langsung performa serta kemampuan yang diberikan untuk motor tersebut. Secara spesifikasi, motor yang dibekali dengan mesin 115cc ini mampu memproduksi tenaga sebesar 9,3 hp dan torsi sebesar 8,5 Nm.

Selama melakukan kencan dengan motor ini secara singkat, saya memiliki impresi yang baik terhadap jok yang digunakan. Berbeda dengan varian yang lain, di mana pada Suzuki Nex II Cross ini hadir dengan kenyamanan yang lebih.

Jok yang dihadirkan lebih empuk dan mampu menopang kenyamanan pengendara saat berada di atas sepeda motor. Terlebih, pada Nex II Crossover PT SIS sudah membekalinya dengan nuansa warna yang beda lantaran menggunakan skema dua warna.

Baca juga: Suzuki Nex II Crossover Ditujukan untuk Mereka yang Ingin Tampil Beda

Dari sisi speedometer, Nex II Crossover hadir dengan nuansa digital. Kini speedometer yang digunakan pada crossover ini menggunakan perangkat digital yang menampilkan kecepatan, fuel meter, indicator lampu, serta beberapa informasi lainnya.

Bicara kenyamanan berkendara, mesin 115cc yang menjadi andalan terbilang responsif. Untuk berakselerasi, motor ini bisa dengan mudah ngacir ketika gas di punter. Saat mengetes akselerasi, saya mampu menyentuh 80 kpj dengan seketika tanpa ada getaran.

Nilai kenikmatan lainnya yang dihadirkan pada Suzuki Nex II Crossover ini adalah radius putar setang yang lebih luas. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, saya lebih merasa bisa bermanuver dengan baik karena sudut putar lebih luas karena desainnya menggunakan naked bike.

Kenyamanan pun berlanjut pada sisi suspensi. Di mana, kemampuan suspensi ini dapat menopang berat badan saya 75 kg dengan sangat baik. Sementara untuk bantingan dari suspensi depan, saya tidak merasa ada yang spesial karena memang masih menggunakan shock yang sama dengan versi sebelumnya.

Baca juga: Warna Baru Suzuki NEX II, Maksimalkan Gelora Kawula Muda

Meski saya merasa impresif dengan kualitas kenyamanan saat berkendara, namun saya menggaris bawahi beberapa hal yang sedikit mengganggu. Terutama untuk tingkat akomodasi dalam hal penyimpanan barang.

Di depan, kantung penyimpanan memang tersedia dua buah namun kapasitasnya tidak begitu besar. Sehingga, untuk meletakkan smartphone saja tidak cukup. Ini akan menghadirkan resiko ketika Anda meletakkan barang di kantung tersebut.

Sementara untuk ruang penyimpanan di bawah jok, ruang yang disediakan juga tidak begitu luas. Hal ini dikarenakan ruang ini dicampur dengan letak aki. Sehingga, pemilik Nex II Crossover harus membawa tas tambahan atau membeli boks motor yang bisa diletakkan di bagian belakang.

Selain itu hal yang juga saya soroti adalah tidak adanya auto switch off engine ketika standar samping di turunkan. Tentunya, ini bukan persoalan fitur yang sepele. Karena fitur ini dapat memberikan keselamatan bagi pengendaranya.

Jika boleh diberikan skor penilaian dari 1 sampai 10, saya akan memberikan nilai 8 untuk motor ini. Ditambah dengan harga yang dibanderol sangat kompetitif, motor ini masih layak untuk menjadi motor harian Anda yang memiliki mobilitas tinggi di jalan.

LEAVE A REPLY