Tanpa Produk Baru, Honda Sukses Bertahan di Tengah Badai Pandemi

0
penjualan honda pandemi

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kondisi pandemi memang membuat banyak aspek ekonomi begitu terpukul. Bukan hanya sektor industri primer, tetapi industri otomotif juga terkena dampak yang cukup signifikan. Jika mengacu pada data yang diberikan beberapa produsen otomotif, selama pemerintah memberlakukan PSBB di beberapa daerah untuk menekan penyebaran virus, penjualan Agen Pemegang Merk (APM) banyak mengalami penurunan.

Meski demikian, berbagai cara terus dilakukan agar penjualan tetap berjalan. Tapi, tidak hanya dari sisi penjualan, selama masa pandemi beberapa APM juga berbenah diri dengan menghadirkan layanan digital untuk kepuasan konsumen. Baik untuk urusan pembelian sampai perawatan kendaraan semua bisa diakses melalui satu genggaman.

Sebagai salah satu APM besar di Indonesia, Honda Prospect Motor, berhasil melewati badai pandemi dengan torehan penjualan yang signifikan. Meskipun tanpa ada produk baru selama 2020 kemarin, memang imbasnya total penjualan di 2020 lebih sedikit dari tahun 2019. Namun mereka berhasil mempertahankan market share di sisa waktu berjalan. Terlebih pada 7 bulan terakhir, HPM berhasil memiliki modal yang baik untuk tahun 2021.

Baca juga: Honda City Hatchback Segera Mengaspal di Indonesia Tanpa Mesin Turbo

“Penjualan Honda di tahun 2020 memang sejalan dengan kondisi pasar yang turun sebagai dampak dari pandemi dan kondisi ekonomi di Indonesia. Meskipun demikian, tren pertumbuhan penjualan positif di 7 bulan terakhir merupakan modal yang baik untuk memasuki tahun 2021. Di tahun ini, kami tetap akan fokus menjaga penetrasi di tengah kondisi pasar yang belum stabil, sambil tetap berupaya menghadirkan program penjualan yang meringankan konsumen untuk melakukan pembelian,” terang Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Secara total, penjualan Honda di tahun lalu tercatat sebanyak 79.451 unit. Sejalan dengan kondisi pasar otomotif secara umum, angka penjualan Honda di tahun 2020 juga lebih rendah dibanding total penjualan di tahun sebelumnya, yang tercatat sebanyak 149.439 unit. Meskipun demikian, Honda mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan bulanan positif secara berturut-turut sejak bulan Mei hingga Desember tahun lalu.

Untuk meningkatkan pasar di awal tahun, Honda pun memberikan program penjualan kepada konsumen. Bertajuk “Sehat Bersama Honda” dan berlangsung sejak Januari – Maret 2021. Pada program ini, konsumen yang melakukan pembelian mobil Honda akan mendapatkan berbagai keuntungan tambahan hanya dengan menunjukkan foto saat berolahraga di akun media sosial mereka.

LEAVE A REPLY