Belum Launching, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Langsung Dapat Diskon PPnBM

0
Daihatsu Rocky yang telah diluncurkan pada November 2019 lalu di Jepang
Daihatsu Rocky yang telah diluncurkan pada November 2019 lalu di Jepang

ROCKOMOTIF, Jakarta – Ada yang sedikit mengganjal ketika Pemerintah mengumumkan secara resmi daftar mobil-mobil yang mendapat diskon Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). Pasalnya ada dua mobil yang masuk dalam daftar 21 mobil yang bisa mendapat diskon pajak 0% ini, yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Kenapa aneh, karena kedua mobil yang satu platform ini bahkan belum diluncurkan di Tanah Air, tetapi sudah bisa menikmati fasilitas tersebut. Bahkan pihak Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor tidak ada yang berkenan untuk berkomentar kapan peluncuran mobil SUV kompak terbaru ini.

Tapi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah langsung mendapat diskon PPnBM bersama dengan mobil-mobil lain yang sudah beredar di Indonesia.

harga toyota raize

Baca juga: Komentar Pedagang Mobil Bekas Soal Penghapusan Pajak PPnBM

Salah satu syarat mutlaknya, yaitu semua mobil tersebut sudah memenuhi kriteria mesin di bawah 1.500 cc, berpenggerak 4×2, diproduksi lokal dengan local purchase minimal 70 persen.

Artinya, peluncuran kedua produk itu akan dilakukan dalam waktu dekat dan statusnya dirakit di Indonesia dengan kandungan lokal minimal mencapai 70 persen. Beleid tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Kena Pajak Yang Tergolong Mewah menyatakan kedua mobil itu diproduksi di Indonesia, yakni oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Meski, tak disebutkan secara jelas berapa isi silinder atau kubikasi mesinnya.

Kabar mengenai kehadiran Rocky dan Raize juga sudah terendus sudah lama. Karena sudah terdaftar dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor 2021.

Baca juga: Aturan Insentif Pajak 0% Resmi Berlaku, Ini 21 Mobil yang Bisa Menikmati

Dalam daftar itu disebutkan Toyota Raize yang masih menggunakan nama RA dan dan Daihatsu Rocky (dengan nama RS), Disajikan dalam dua pilihan varian mesin yakni 1.000 cc plus turbo (berkode A250) dan mesin 1.200 cc naturally aspirated (NA) berkode A251.

Dari kabar yang beredar juga, mesin itu merupakan mesin yang selama ini sudah digunakan oleh mobil murah ramah lingkungan (LCGC) Toyota Agya dan Calya. Begitu pula dengan Rocky yang menggunakan mesin Ayla dan Sigra. Hanya ditambahkan piranti turbo saja pada mesin 1.000 cc. (ana)

LEAVE A REPLY