Motor Listrik Universitas Budi Luhur SEV-01 Kembali Jalani Tes di Sirkuit Sentul

0
motor listrik ubl sev01

ROCKOMOTIF, Jakarta – Motor listrik Universitas Budi Luhur, SEV-01, kembali menjalani sesi tes performa di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pengetesan kali ini, difokuskan pada beberapa sektor guna motor listrik ini mampu menghasilkan kemampuan maksimalnya.

Melalui keterangan resmi, Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, menjelaskan bahwa pihaknya memang masih merasa belum puas lantaran pada saat pengetesan pertama kali yang dilakukan beberapa waktu lalu, mengalami kendala.

”Pengetesan pertama BL-SEVO1 mengalami kendala di bagian kaki-kaki karena tidak cukup mumpuni menopang tenaga motor listrik yang cukup besar. BL-SEV01 kembali kami riset di Laboratorium Fakultas Teknik Elektro Universitas Budi Luhur, untuk disempurnakan selama dua bulan Lebih. Khususnya di sektor kaki-kaki, dan akhirnya siap diuji kembali di Sirkuit Sentul Internasional, Bogor,” jelas Sujono.

Setelah semua dipersiapkan dengan matang, motor yang memiliki kepanjangan Sport Electric Vehicle-01 ini kembali dirurunkan di sirkuit dengan menggandeng pembalap andalannya, Galih Aji Prakoso. Saat pengetesan tersebut, joki yang juga lulusan dari Universitas Budi Luhur, menggebernya selama 10 putaran.

motor listrik bl-sev01

Baca juga: Motor Listrik Sport Besutan Budi Luhur, Jalani Uji Coba di Sentul

“Saya merasa lebih percaya diri karena motor listrik BL-SEVO1 lebih mumpuni di test ride kedua ini. Handling motor listrik SEV-01 meningkat drastis dan stabil. Khususnya kemampuan melewati tikungan lebih stabil untuk dibawa rebah. Baru pertama kali saya mencoba motor listrik sport di lintasan balap dan ini semakin spesial karena hasil karya kampus Universitas Budi Luhur yang saya cintai,” ungkap Galih.

Hasil riset yang mendalam ini akhirnya berhasil menghantarkan motor listrik Universitas Budi Luhur meraih hasil yang lebih baik. Saat tes tersebut, motor dengan kelir biru dan perak ini, mampu menembus kecepatan maksimum 135 kpj dan sudah sesuai dengan standar minimal motor sport listrik.

”Risetnya pun meliputi pengetesan performa di lintasan balap serta pengujian baterai jarak jauh sampai turing Mandalika, Lombok. Selain itu saya mendukung terus kegiatan penelitian ini, nantinya berguna untuk negara di masa depan,” tegas Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro MBA.

Spesifikasi BL-SEV01 saat ini didukung motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, serta didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 135 kilometer untuk sekali pengisian baterai dengan waktu pengisian baterai 4 jam untuk 0-100 persen.

LEAVE A REPLY