Siap Tantang Honda CR-V Turbo, Berapa Harga SUV Sokon?

0
suv sokon

ROCKOMOTIF, Serang – Sokon, pabrikan mobil asal Tiongkok sudah meresmikan pabriknya di Serang, Banten (28/11). Ada dua produk yang sudah diproduksi di sana, satu SUV 7-seater dan satu lagi pick-up kecil.

Yang menarik adalah apa yang disajikan oleh PT Sokonindo Automobile ini sebagai APM Sokon di Tanah Air pada SUV barunya. Namanya Glory 580, SUV berkapasitas tujuh penumpang ini dibekali dengan sederet fitur canggih guna menghadang kompetitor asal Jepang.

Baca Juga: Fitur Lengkap Sokon Glory 580, Penantang Honda CR-V Turbo

Dari spesifikasi mesinnya, Sokon menyematkan mesin 1.5L turbo yang sama dengan Honda CR-V Turbo. Ditambah dengan pilihan transmisi manual 6-speed atau otomatis CVT.

Jaringan Diler

Lalu bagaimana dengan kesiapan Sokon guna mendapat kepercayaan konsumen Indonesia? Mobil China di Tanah Air masih mendapat kesan yang cenderung negatif, terutama soal kualitas dan juga jaringan after sales.

Menurut CO-CEO PT Sokonindo Automobile Alexander Barus, SUV Glory 580 memang sudah diproduksi untuk dipersiapkan masuk ke pasar Indonesia pada Februari 2018 mendatang.

“Karena pengujian sudah selesai semua. Sekarang masalah harga dan kedua aftersales, artinya mulai dari parts, maintenance, dan repair. Kita siapkan dulu baru kita jual,” ungkap Alex usai peresmian pabrik baru Sokon di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, Selasa (28/11/2017).

Untuk jaringan penjualan dan servis, menurut Marketing Director PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, di Indonesia Sokon sudah memiliki 30 bengkel resmi. Sayangnya mereka tidak menyebutkan di mana saja diler Sokon ini berada.

“Tapi jika konsumen mau datang ke pabrik untuk servis, kami juga siap untuk support. Rencana tahun depan kami akan menambah jaringan diler menjadi 50. Dan target ke depannya akan sampai 150 diler di seluruh Indonesia,” ungkap Wang di kesempatan yang sama.

Harga Rp 300 Jutaan

Menyoal harga, melihat dari spesifikasi dan fiturnya Sokon akan menyaingi Honda CR-V Turbo dan Nissan X-Trail. Jika kompetitor Jepang memiliki banderol harga di atas Rp 400 jutaan, maka seharusnya Glory 580 ini dijual dengan harga di bawahnya.

Alexander menuturkan, meski belum resmi, namun kemungkinan mobil tersebut akan dibanderol di antara Rp 300-350 jutaan. Meski demikian, Alex menegaskan, harga Sokon Glory 580 tidak membuat produk Sokon dianggap murahan.

Karena produk tersebut sudah diproduksi dengan quality control sesuai standar global. Belum lagi Sokon juga mengatakan jika Glory 580 ini nanti akan memiliki garansi selama 3 tahun atau 120 ribu km.

Masih meragukan kualitas mobil China?

LEAVE A REPLY