Kolaborasi Toyota dan Daihatsu Jadikan Indonesia Basis Produksi dan Ekspor

0
kolaborasi toyota dan daihatsu

ROCKOMOTIF, Jakarta – Toyota dan Daihatsu merupakan dua nama besar pabrikan mobil di Indonesia yang terus menghadirkan mobil-mobil kolaborasinya. Terbaru adalah Toyota dan Daihatsu memproduksi Raize dan Rocky yang akan menjadi basis produksi dan juga ekspor global.

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu ini sudah terjalin sejak dua dekade silam, tepatnya sejak Avanza dan Xenia yang kini menjadi mobil sejuta umat di Indonesia. Semua produknya diproduksi di dalam negeri, di mana untuk produk tertentu sudah memiliki komponen lokal bahkan mencapai 95%. Kesuksesan ini didasari oleh kolaborasi yang kuat antara Toyota Group dan mitra jangka panjang Astra yang tidak berhenti untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Kolaborasi yang terjalin selama ini telah memberikan dampak positif pada pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Antara lain menciptakan lapangan kerja baru, berbagi teknologi, pemanfaatan kandungan lokal, serta menyediakan produk yang tidak hanya sesuai untuk kebutuhan pasar dalam negeri tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Toyota, Daihatsu bersama Astra kembali berkolaborasi sebagai bentuk upaya nyata agar senantiasa tumbuh bersama bangsa Indonesia, berkontribusi bagi pertumbuhan industri otomotif nasional, dan menghadirkan kendaraan yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat.

toyota raize

Baca juga: Daihatsu Akan Luncurkan Rocky Akhir April 2021?

Bagi Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, produksi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia akan menjadikan posisi Indonesia di pasar global sebagai basis produksi dan basis ekspor mobil semakin kuat. Pemerintah menargetkan pada tahun 2030 nanti, Indonesia menjadi pemain global sebagi export hub atau basis ekspor, baik untuk mobil bermesin pembakaran internal (ICE) maupun mobil listrik (EV).

“Kehadiran Rocky dan Raize akan memperkuat posisi Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor. Ini tentunya akan bermanfaat untuk mengembangkan pemasok lokal, termasuk industri kecil dan menengah dalam rantai pasokan bisnis Toyota dan Daihatsu. Kami berharap ini akan memberikan dampak positif sekaligus dukung perekonomian indonesia secara keseluruhan,” papar Agus, saat memberi sambutan di acara pengenalan dua SUV kompak itu yang disiarkan melalui akun Youtube.

Tidak hanya menyediakan produk–produk untuk memenuhi kebutuhan di pasar dalam negeri, Toyota dan Daihatsu juga menjadi kontributor terbesar untuk ekspor kendaraan roda empat di Indonesia hingga saat ini, dengan kontribusi lebih dari 60%. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Grup Toyota juga akan mengekspor produk kolaborasi terbaru ini ke sekitar 50 negara di dunia.

daihatsu rocky

Baca juga: Ekspor Toyota Naik Tipis, Sumbang 62% Total Ekspor Nasional

“Daihatsu bekerjasama dengan Toyota dalam membangun lini bisnis yang kompetitif untuk segmen kendaraan kompak bagi Toyota Group, termasuk di dalamnya pengembangan dan produksi kendaraan. Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi kami, oleh karena itu kami akan terus berinvestasi dan berkontribusi bagi masyarakat Indonesia,” ujar President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira.

Bagi Toyota Astra Motor, kemunculan Toyota Raize ini akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV, sejalan dengan transformasi dari automobile company menjadi mobility company. Yang tidak hanya akan didukung oleh pilihan kendaraan yang juga tepat untuk masing–masing orang, tapi juga layanan yang variatif menyesuaikan tren dan kebutuhan yang berkembang.

Sama halnya dengan Astra Daihatsu Motor yang berkomitmen untuk memastikan Daihatsu Rocky sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui pemanfaatan fasilitas R&D Center PT Astra Daihatsu Motor yang terbesar di Indonesia.

“Toyota dan Daihatsu memulai kolaborasi sebagai bagian dari Grup Toyota dengan memaksimalkan kekuatan kedua perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Dengan berinvestasi dalam menghadirkan advance technology dan mempromosikan konten lokal, kedua perusahaan ini akan terus meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan industri otomotif,” kata Chief Executive Officer of Toyota Motor Corporation Asia Region, Yoichi Miyazaki.

LEAVE A REPLY