Komponen Lokal Raize dan Rocky Belum 70 Persen, Kok Bisa Dapat Diskon PPnBM?

0
toyota raize

ROCKOMOTIF, Jakarta – Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah resmi diperkenalkan, Rabu (28/4/2021), dan acara peluncurannya dilakukan pada Jumat (30/4/2021).

Salah satu yang menarik, adalah komponen lokal kedua model baru itu belum 70 persen. Infomasi itu disampaikan langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

“Saya berharap kepada Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen kedua model itu, meningkatkan lokal komponen lebih dari 70 persen, termasuk engine body sasis dan transmisi,” jelas Agus saat dalam siaran langsung di Youtube Toyota dan Daihatsu, Rabu (28/4/2021).

Lantas, kenapa Raize dan Rocky bisa mendapatkan insentif PPnBM?

Sementara persyaratan untuk dapat relaksasi PPnBM juga local purchase harus di atas 70 persen. Memang ada kemungkinan bisa lolos.

daihatsu rocky

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Meluncur April 2021

Karena bisa saja parameter penghitungan komponen lokal dan local purchase berbeda. Jadi meski penggunaan komponen lokal belum 70 persen, local purchase bisa jadi sudah di angka lebih dari itu.

Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengatakan, masuknya Rocky dalam daftar penerima relaksasi PPnBM karena SUV kompak ini akan meluncur pada periode program tersebut, yakni Maret hingga Desember 2021.

“Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” ujar Amelia belum lama ini.

Menurut dia, karena pengumuman daftar penerima relaksasi PPnBM ini hanya dilakukan sekali, sehingga Daihatsu Rocky muncul di situ. (ana)

LEAVE A REPLY