Toyota Raize Baru Tersedia Mesin 1.0L Turbo, Ada yang Lebih Mahal Dari Rush

0
harga toyota raize ppnbm

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kalau tadi pagi Daihatsu Rocky meluncurkan Rocky terlebih dulu, setelah sholat Jumat maka giliran Toyota yang meluncurkan Raize. Untuk mengejar diskon PPnBM, PT Toyota Astra Motor (TAM) hanya akan memproduksi Raize dengan mesin 1.0 liter turbo saja. Sementara mesin 1,2 liter NA baru akan diperkenalkan pada semester kedua mendatang.

Secara spesifikasi, Toyota Raize tidak jauh berbeda dengan Daihatsu Rocky, sama saja seperti duet kembar yang lebih dulu ada di Indonesia. Seperti biasa, segmentasi Toyota pasti ada di atas Daihatsu, itu tandanya Toyota Raize punya fitur yang lebih banyak tapi secara harga juga jadi lebih mahal dari Daihatsu.

Sebenarnya Toyota sudah punya model SUV yang cukup banyak di Indonesia, dengan adanya Toyota Raize ini maka Toyota punya 6 model SUV dengan beragam pilihan dan karakter. Kalau Raize dengan bodi yang kompak hanya akan memuat 5 penumpang saja, meski secara harag bergesekan dengan Toyota Rush yang mampu memuat 7 penumpang.

toyota raize

“Toyota Rush dan Raize memang secara harga beda-beda tipis, tapi segmentasinya berbeda karena Rush 7-seater dan Raize 5-seater. Jadi pasti ada konsumennya masing-masing,” beber Anton Jimi Suwandy, Marketing Manager PT TAM dalam sesi tanya jawab bersama media, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: Komponen Lokal Raize dan Rocky Belum 70 Persen, Kok Bisa Dapat Diskon PPnBM?

Di Jepang sendiri, Toyota Raize mendapat sambutan yang positif dengan total penjualan lebih dari 120 ribu unit. Hanya kalah sedikti dari Toyota Yaris yang jadi mobil terlaris Toyota di Jepang pada 2020.

Harganya sendiri, Toyota mengatakan diskon PPnBM akan bergantung pada saat pengiriman mobil konsumen. Jika memang mendapat unitnya di bulan Mei maka masih akan mendapat diskon pajak sampai 100 persen, jika di bulan Juni berarti diskon pajaknya 75 persen.

Untuk harganya sendiri, Toyota membanderol Raize dalam beberapa pilihan tipe. Harganya sendiri ada yang lebih mahal dari harga Toyota Rush lho, padahal bodinya lebih kompak.

Untuk Toyota Raize 1.0 liter turbo G MT harganya tanpa diskon PPnBM dijual Rp 236,8 juta, kalau diskon PPnBM 100% harganya jadi Rp 219,9 juta. Kemudian 1.0 liter G CVT harganya Rp 251,1 juta dan diskon jadi Rp 233,1 juta.

Baca juga: Rocky dan Raize Pakai Transmisi Dual Mode CVT, Apa Istimewanya?

Tipe yang tertingginya ada Raize 1.0L Turbo GR Sport dengan pilihan transmisi CVT harganya 263,2 juta tapi dengan diskon PPnBM jadi Rp 244,7 juta. Sementara Raize 1.0L Turbo GR Sport TSS harganya Rp 283,8 juta dan dengan diskon jadi Rp 263,7 juta.

Kalau dibandingkan dengan harga paling tinggi Toyota Rush 1.5 S A/T TRD dibanderol Rp 260,8 juta setelah diskon PPnBM. Semua harga ini untuk warna single tone, kalau harga two tone konsumen cukup tambah sekitar Rp 2 jutaan.

LEAVE A REPLY