Baidu Resmi Menghadirkan Taksi Online Swakemudi

0
Taksi online swakemudi baidu

ROCKOMOTIF, Jakarta – Raksasa teknologi pencarian dari Tiongkok, Baidu, akhirnya resmi menawarkan layanan taksi pertama tanpa pengemudi. Layanan ini dikenal sebagai Apollo Go, di mana taksi nirsopir ini sudah mulai diuji coba untuk umum pada Oktober 2020 lalu. Tetapi, pada akhir pekan lalu, layanan tersebut akhirnya resmi beroperasi dengan nominal yang harus dibayar oleh konsumen.

Saat ini, layanan berbayar terbatas pada jalan-jalan di Taman Shougang Beijing, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Pengguna Apollo Go dapat menggunakan layanan ini untuk menjangkau berbagai ruang olahraga, serta kawasan bisnis, kedai kopi, dan hotel.

Baca juga: Bayar Taksi Blue Bird Kini Bisa Transaksi dengan Non Tunai

Untuk menikmati layanan ini, konsumen bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi. Setelah unit tersebut tiba, pemeriksaan akan dilakukan untuk mengidentifikasi pengendara dan memastikan dia mengenakan sabuk pengaman sebelum perjalanan dimulai. Saat ini, pengemdui keselamatan masih duduk di kursi penumpang depan untuk melakukan pemantauan.

Namun, pengemudi keselamatan nantinya akan dihapus dan kendaraan akan tetap bisa berjalan lantaran mobil tersebut akan terhubung melalui jaringan 5G ke hub pusat. Sehingga, kendaraan sudah dapat dikontrol melalui jarak jauh.

Dalam langkah awalnya, layanan ini akan memperluas layanan mereka ke banyak bagian Beijing, dan akhirnya lebih banyak di Tiongkok. Baidu, saat ini sudah menyelesaikan lebih dari enam juta mil perjalanan untuk pengujian. Beberapa wilayah yang dijadikan ladang uji coba adalah memanfaatkan beberapa wilayah seperti Yizhuang, Haidian, dan Shunyi di Beijing.

LEAVE A REPLY