Siap-siap, Pesepeda yang Melanggar Aturan Bakal Kena Tilang

0
pesepeda kena tilang
Pesepeda yang keluar jalur sepeda bisa kena tilang lho! (Foto/Merdeka.com)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Ditlantas Polda Metro Jaya terus mengkaji aturan kepada pengguna sepeda di DKI Jakarta. Nantinya, apabila sudah ditetapkan maka pesepeda yang melanggar aturan akan dikenakan tilang oleh polisi.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo di Jakarta. Menurut dia, aturannya sedang dikaji bersama para pemangku kepentingan lainnya.

“Kita sedang atur dulu, dasarnya mengacu pada UU LLAJ. Teknisnya bagaimana nanti akan kita informasikan lagi,” terang Sambodo.

Sambodo melanjutkan, bisa saja nanti pesepeda yang berjalan di luar jalur sepeda akan kena tilang berupa penyitaan KTP atau sepedanya itu sendiri. Kemungkinan besar ke arah itu, tapi akan kita kaji lebih dalam lagi bersama para ahli hukum.

Baca juga: Polisi Kaji Aturan Tilang Kepada Pengguna Sepeda yang Melanggar

“Jadi bukan hanya untuk roadbike tetapi berlaku untuk semua jenis sepeda. Harus berjalan di lajur yang sudah disediakan. Kita sekarang sedang melakukan sosialisasi dulu,” kata Sambodo.

Sambodo menuturkan, pemberian sanksi dilakukan apabila pelanggar tidak mengindahkan teguran petugas. “Ada upaya-upaya preemtif dan edukatif yang kita sudah lakukan,” imbuhnya.

Sampai sejauh ini, kata Sambodo, para pesepeda sudah memiliki kesadaran cukup baik. Mereka bisa diberikan edukasi agar menaati peraturan.

“Artinya semua masyarakat sekarang paham bahwa apabila di satu jalur itu ada jalur sepedanya maka pesepeda wajib menggunakan jalur tersebut, itu sudah kami lakukan,” pungkasnya. (ana)

LEAVE A REPLY