Libur Natal Dan Tahun Baru, Kendaraan Berat Dilarang Masuk Tol

0
angkutan barang

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tidak terasa sudah masuk di bulan terakhir tahun ini, bulan Desember yang berarti sudah dekat dengan liburan Natal dan Tahun Baru. Bagi mereka yang berlibur dengan kendaraan pribadi ada berita gembira nih.

Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat, Pandu Yunianto, mengatakan jika Kementrian Perhubungan akan mendukung sepenuhnya. Dan memberikan pelayanan dan kinerja yang terbaik dalam hal pengamanan libur Natal dan Tahun Baru. Seperti yang sudah dilakukan bersama pada pengamanan lebaran kemarin.

Pandu juga menyampaikan dalam rapat koordinasi antar instansi yang digelar di Kantor Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek samping gerbang tol Cikarang Utama. Rabu (29/11). Bahwa Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan surat edaran tentang larangan melintas kendaraan berat.

Larangan ini dimulai dari tanggal 22 Desember tepat pukul 00.00 WIB hingga tanggal 27 Desember tepat pukul 00.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada libur Natal. Dan pada tanggal 29 Desember pukul 00.00 WIB hingga 01 Januari 2018 pukul 00.00 WIB.

“Kami dari Kemenhub juga berharap adanya bantuan dari para stakeholder untuk mensosialisasikan imbauan tersebut,” ujar Pandu seperti dilansir dari laman NTMC Polri.

Selain itu Pandu juga berharap pihak tol Jakarta-Cikampek dapat berkoordinasi dengan pihak tol Merak-Jakarta. Untuk mengetahui volume kendaraan yang akan masuk Jakarta. Agar dapat memprediksi volume kendaraan yang akan masuk tol Jakarta-Cikampek, sehingga dapat mempersiapkan rekayasa lalu lintas.

Baca Juga: Denda Pajak Kendaraan Bermotor Di Jakarta Dihapus Sementara

Persiapkan Kendaraan Anda

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin yang turut hadir dalam rapat koordinasi ini juga mengimbau agar para instansi dapat meminimalisir terjadinya kepadatan dan gangguan lainnya.

Benyamin mengatakan, bahwa koordinasi yang sudah terjalin pada pengamanan lebaran lalu sudah sangat baik, namun tetap titik kemacetan masih terjadi di sejumlah rest area.

“Oleh karena itu, mari bersama kita tingkatkan perbaikan pelayanan dan pengamanan demi misi kemanusiaan”, ujar Benyamin.

Benyamin juga mengingatkan jajaran Dirlantas Polda Metro Jaya agar tetap fokus pada pengamanan di dalam kota pada libur Natal. Karena imbas kepadatan lalu lintas yang menuju luar kota melalui Cikarang Utama akan berbuntut panjang hingga ke dalam kota bahkan hingga jalur alteri.

Serta, tidak lengah juga untuk pengamanan arus balik yang harus disiapkan. “Kemungkinan ada yang baru melakukan libur untuk akhir tahun, dan ada yang pulang selepas libur natal”, tambah Benyamin.

“Jangan lupa sosialisasikan imbauan kepada para pengendara untuk mempersiapkan kendaraan dan isi bensin full sebelum melakukan perjalanan”, tutup Benyamin.

LEAVE A REPLY