Jasa Marga : 1,2 Juta Kendaraan Belum Balik ke Jakarta

0
Prediksi puncak arus balik lebaran 2022 terjadi pada Minggu (8/5/2022)
Prediksi puncak arus balik lebaran 2022 terjadi pada Minggu (8/5/2022)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Setelah mencatat sebanyak 2 juta kendaraan yang melakukan mudik, PT Jasa Marga, baru mencatat sekitar 815 ribu kendaraan yang telah melakukan arus balik lebaran 2022 pada H+3 lalu.

Berdasarkan pantauan Jasa Marga di beberapa Gerbang Tol Utama, mereka mencatat sekitar 60 persen kendaraan arus balik lebaran yang mulai kembali ke Jakarta. Dengan total tersebut, operator Jalan Tol di Indonesia ini memperkirakan ada sekitar 1,2 juta kendaraan yang masih berada di kampung halaman.

“Kami mencatat total 2 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek pada H-10 s.d H1, atau pada 22 April-2 Mei 2022. Hingga kemarin, kami mencatat baru sekitar 815 ribu kendaraan yang kembali ke Jabotabek, yang berarti masih ada sekitar 60% atau 1,2 juta kendaraan yang belum kembali,” ujar Dwimawan Heru, Cirporatr Communication and Community Development Head Group PT Jasa Marga, dalam keterangan resminya.

Dengan tersisanya kendaraan yang masih berada di kampung halaman, Jasa Marga, memperkirakan untuk puncak arus balik lebaran bakal terjadi pada hari ini (8/5/2022).

Melihat masih ada lebih dari setengah dari total kendaraan mudik via jalan tol yang belum kembali, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk kembali mengatur waktu perjalanan.

“Sejak kemarin, kami mengimbau masyarakat untuk tidak pulang di puncak arus balik besok. Kami berharap dengan adanya kebijakan perpanjangan libur anak sekolah hingga 12 Mei 2022, maka lalu lintas sebesar 60% yang belum kembali tadi bisa terdistribusi hingga pekan depan. Namun jika tetap pulang besok, kami mohon pengguna jalan untuk bersabar karena jumlah lalu lintas yang datang secara bersamaan menuju Jabotabek akan luar biasa,” pungkas Heru.

LEAVE A REPLY