Layanan Ekstra Khusus Pertamina Hadapi Natal & Tahun Baru

0
pertamina
Pertamina Siapkan Layanan Extra di Jalur Tol

ROCKOMOTIF, Jakarta – Guna mengantisipasi meningkatnya permintaan BBM pada musim libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Pertamina telah memastikan kebutuhan BBM, terutama di jalur tol, dapat tercukupi.

Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati mengatakan, jalur tol merupakan salah satu jalur yang diprediksi mengalami lonjakan permintaan cukup tajam selama masa liburan. Karena itu, Pertamina menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Ada beberapa layanan yang kami siapkan di SPBU jalur tol. Mulai dari penambahan stok di SPBU, menyediakan layanan BBM dengan motor, penyediaan BBK Kemasan hingga menyiapkan Mobile Dispenser,” ujar Dian usai melakukan peninjauan ke SPBU Rest Area Tol Cipali KM 57, Selasa (19/12).

Secara total, Pertamina MOR III yang mencakup DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, akan menyiapkan beberapa layanan ekstra khusus dikedua hari besar tersebut. Layanan tambahan itu berupa 31 titik SPBU Kantong, 9 titik Kios BBM Kemasan (KIOSK), 23 unit layanan BBM Motor dan 4 titik Mobile Dispenser.

Semuanya tersebar bukan saja di jalur tol namun juga titik strategis lain yang sering menjadi titik kemacetan. “Dengan adanya layanan ekstra ini, masyarakat diharapkan tidak panik dan dapat menjalani liburannya dengan nyaman,” tambah Dian.

Selain itu, Pertamina juga memperhatikan titik rawan lainnya yaitu lokasi wisata yang kerap menjadi tujuan liburan. Disini, Pertamina melakukan sejumlah cara seperti menggeser waktu pengiriman menjadi dini hari. Dan menyiapkan mobil tangki untuk siaga di titik tertentu.

Dari sisi operasional, Terminal BBM juga akan menambah waktu pelayanan menjadi 24 jam, sebagai upaya untuk dapat menyalurkan lebih cepat dibanding kondisi yang biasa. Hal ini dilakukan untuk antisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Konsumsi BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax Series) di wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Memang diprediksi naik sekitar 8% seiring dengan mobilisasi masyarakat yang meningkat selama periode tersebut.

LPG dan Avtur Juga Siap

Sedangkan untuk bahan bakar memasak juga diprediksi mengalami kenaikan. Untuk Bright Gas 5,5 kg diprediksi meningkat 23,9%. LPG 12 kg diprediksi meningkat 4,8%, dan LPG 3 Kg direncanakan penambahan penyaluran 10,9% dibandingkan kondisi normal.

Kenaikan penyaluran juga disiapkan untuk bahan bakar pesawat terbang di tiga bandara udara. Yaitu Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dan Bandara Husein Sastranegara Bandung. Estimasi kenaikan penyaluran diprediksi sekitar 5% dari kondisi normal.

“Secara umum Pertamina juga membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang akan mulai bertugas sejak 18 Desember 2017 – 9 Januari 2018. Apabila masyarakat masih menemui kesulitan bisa menghubungi Contact Pertamina 1 500 000,” pungkasnya. (mth)

Baca Juga: Indonesia Menuju Euro 4, Pertamina Siapkan BBM-nya 

LEAVE A REPLY