Suzuki Baleno Hatchback Miliki Fitur-fitur Canggih Ini

0
ignis baleno

ROCKOMOTIF, Jakarta – Suzuki Baleno yang kini dijual di Indonesia memiliki desain yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Jika dulu berbentuk sedan, kini bertranformasi menjadi bentuk hatchback. Tampilannya kini menganut desain Liquid Flow dengan aksen krom pada grille, gagang pintu, dan bagian belakang yang membuatnya tampil mewah.

Selain desain, sisi teknologi juga mendapat peningkatan. Suzuki Baleno hatchback mengaplikasikan platform ‘Heartect’ yang membuat bobot mobil lebih ringan namun tetap kokoh. Pemangkasan bobot ini tentu saja diklaim akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Fitur Suzuki Total Effective Control Technology (TECT), sebuah standar keselamatan untuk melindungi penumpang ketika terjadi benturan turut diaplikasikan. Bisa meredam benturan dengan baik meski materialnya berbobot ringan. Secara dimensi, Suzuki Baleno hatchback memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.510 mm dengan wheelbase 2.520 mm. Mesin berkode K14B penggerak roda depan bersemayam di balik kap Baleno.

Sebagaimana diketahui, mesin ini juga diterapkan pada Ertiga bensin dan Ciaz Sedan. Mesin dengan konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT dengan kapasitas 1.400 cc menjanjikan tenaga 92,4 PS pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 rpm. Memang melihatnya mesinnya, Baleno terbaru ini lebih kecil 1.000 cc dibanding pendahulunya yang berkapasitas 1.500 cc.

Baca Juga: Review Suzuki Baleno Yang Kini Menjelma Menjadi Hatchback

Namun jangan khawatir soal akselerasinya, karena Baleno Hatchback ini tetap menawarkan akselerasi yang cukup menjanjikan. Meskipun bisa dibilang tidak sekuat para pesaingnya. Mobil ini juga menawarkan ground clearance yang cukup tinggi untuk menjaga perjalanan di medan tidak rata atau polisi tidur tetap aman. Saat mencobanya di sirkuit Sentul, Baleno Hatchback ini menyajikan pengendaraan yang cukup baik.

Fitur Melimpah

Baleno Hatchback ini sudah menggunakan fitur Keyles Entry untuk memudahkan pengendara dalam mengakses ke kabin tanpa perlu lagi menekan tombol pada remote. Fitur ini bisa berfungsi dengan jarak 1 meter. Kemudian untuk menyalakan mesin, cukup tekan tombol Engine Start Stop

“Biasanya sistem keyles entry bisa dipencet sekali untuk buka pintu pengemudi dan pencet dua kali untuk buka semua pintu. Keyless Entry pada Baleno bisa diatur sehingga sekali pencet bisa membuka semua pintu,” ujar Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Suzuki Baleno hatchback juga memiliki audi steering switch untuk memudahkan pengemudi mengakses konten hiburan. Dan mengangat panggilan telepon tanpa mengganggu konsentrasi berkendara. Terdapat pula layar MID (Multi Information Display) yang informatif untuk memantau jarak tempu, konsumsi rata-rata bahan bakar, hingga melihat tenaga dan daya puntir secara realtime.

Baleno terbaru ini juga mendapat fitur AC dengan Auto Climate Control untuk memberikan kenyamanan penumpang. Bahkan, mobil juga memiliki fitur penghangat yang bisa dimanfaatkan bagi pengendara yang tinggal di daerah dingin. Baleno hatchback sendiri hadir dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.

Mengenai fitur keselamatan, Suzuki mengemas Baleno hatchback dengan Dual SRS Airbags, rem Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 195 juta untuk transmisi manual dan Rp 207,5 juta untuk transmisi otomatis.

LEAVE A REPLY